Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Web Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemrograman Berorientasi Objek
Web-Based E-Learning Media To Improve Student Learning Outcomes In Programming-Oriented Subjects
Pesatnya perkembangan di bidang informatikapada waktu ini merupakan faktor yang mempengaruhi transformasi sistem belajar mengajar di Indonesia saat ini. Pendidik berperan penting, agar mereka tahu pada waktunya bagaimana menggunakan teknologi dalam pembelajaran. Media pembelajaran e-learning berbasis web sangat cocok digunakan untuk mendorong dan mempermudah siswa dalam memahami materi di kelas terutama pembelajaran yang dianggap susah untuk dipahami. Selain itu, media pembelajaran online berbasis web ini juga dapat dijangkau melalui handphone atau komputer, sehingga memudahkan guru dalam memaparkan materi secara jelas.
Tujuan dilaksanakannya penelitian tersebut yaitu untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran dan mengukur kevalidan media pembelajaran serta membuktikan adanya kenaikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman berorientasi objek. Metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE digunakan dalam penelitian ini.. Desain penelitian yang dipergunakan adalah one grub pretest-posttest design.
Hasil kelayakan media pembelajaran oleh para ahli antara lain validasi media sebesar 87,5%, hasil validasi materi sebesar 83,33%, hasil validasi soal sebesar 81,6%, hasil validasi RPP sebesar 85,25%, sedangkan untuk hasil validasi angket respon siswa sebesar 80,2%. Hasil akhir rata-rata pretest Kelas XI RPL 55,73 dan rata-rata posttest 89,4. Uji t berpasangan (paired sample t test) menghasilkan nilai sebesar 0,000. Karena (sig=0,000<0,05), maka H_1 diterima yang artinya dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran e-learning berbasis web dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pemrograman Berorientasi Objek. Sedangkan untuk rata-rata N-Gain pretest dan posttest kelas XI RPL juga berada di kategori tinggi yaitu 0,74. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kelas XI RPL mengalami penimgkatan hasil belajar yang signifikan.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Web, E-Learning, Hasil Belajar, Pemrograman Berorientasi Objek
The rapid development of Information Technology (Information Technology) is currently a factor influencing the transformation of the teaching and learning system in Indonesia today. Educators play an important role, so that they know in time how to use technology in learning. Web-based e-learning learning media is very suitable to be used to encourage and facilitate students in understanding material in class, especially learning that is considered difficult to understand. In addition, this web-based e-learning learning media can also be accessed via mobile phones or computers, making it easier for teachers to explain material clearly.
The purpose of this study is to improve and determine the effectiveness of learning object-oriented programming on the influence of student learning outcomes. Researchers used the Research and Development (R&D) research method with the ADDIE development model. The research method used is one grub pretest-posttest design. The results of the feasibility of learning media by experts include media validation of 87.5%, material validation results of 83.33%, question validation results of 81.6%, RPP validation results of 85.25%, while for response questionnaire validation results students amounted to 80.2%.
The final average result of the Class XI RPL pretest was 55.73 and the average posttest was 89.4. The paired sample t test produces a value of 0.000. Because (sig=0.000<0.05), H_1 is accepted, which means it can be concluded that web-based e-learning learning media can improve student learning outcomes in Object Oriented Programming subjects. Meanwhile, the average N-Gain pretest and posttest for Class XI RPL is also in the high category, namely 0.74. These results show that class XI RPL experienced a significant increase in learning outcomes.
Keywords : Learning Media, Web, E-Learning, Learning Outcomes, Object Oriented Programming