Pengembangan E-FIST 3D sebagai Bahan Ajar E-Learning pada Materi Suhu dan Kalor
Development of 3D E-FIST as A Teaching Material for E-Learning on Temperature and Heat Materials
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas E-FIST yaitu ebook fisika STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) sebagai bahan ajar e-learning pada materi suhu dan kalor. Tahapan pengembangan dalam penelitian ini terbatas pada kevalidan media, tidak sampai pada uji coba kepraktisan dan keefektifan dalam pembelajaran oleh peserta didik, hal ini dikarenakan adanya PSBB yang dilakukan dalam penanggulangan penyebaran Covid-19. Ebook dikembangkan dengan mengintegrasikan keterpaduan antara sains, teknologi, teknik, dan matematika. Penelitian ini dikembangkan dengan model DDD-E. Tahapan dari model DDD-E terdiri dari tahap perencanaan (decide), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penilaian (evaluate). Pada tahap awal yaitu perencanaan, dilakukan penentuan tujuan pembelajaran, materi, analisis pengetahuan, dan keterampilan prasyarat. Kemudian dilakukan tahap perancangan sehingga dihasilkan draf E-FIST untuk di evaluasi lebih lanjut. Tahap berikutnya yaitu tahap pengembangan. Setelah dilakukan penilaian pada tahap pengembangan, maka dihasilkan produk untuk dilakukan validasi oleh tiga orang dosen ahli. Aspek yang di validasi ditinjau dari aspek pembelajaran, materi, bahasa, dan media. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa E-FIST memperoleh persentase validitas ditinjau dari aspek pembelajaran, materi, bahasa, kesesuaian media dengan prinsip media pembelajaran yang baik, proses kerja media, dan tampilan media dengan kategori sangat baik, sehingga E-FIST yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dan layak digunakan dalam pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini yaitu dapat memberikan pengetahuan lebih lanjut bagi pendidik terkait penggunaan teknologi ebook sebagai pengembangan bahan ajar. Selain itu bagi peneliti selanjutnya dapat dilakukan penelitian lanjutan untuk uji efektifitas dan kepraktisan sehingga dihasilkan bahan ajar yang layak digunakan dalam mendukung pembelajaran.
This study aims to describe the validity of E-FIST (Ebook Fisika STEM), namely the STEM physics ebook as e-learning teaching materials on temperature and heat material. The stages of development in this study were limited to the validity of the media, not up to practically and effectiveness trials in learning by students, this was due to the PSBB which was carried out in the prevention of the spread of Covid-19. The ebook was developed by integrating of science, technology, engineering, and mathematics. This research was developed with the DDD-E model. The stages of the DDD-E model consist of the planning stage (decide), the design stage (design), the development stage (develop), and the assessment stage (evaluate). At the initial stage, namely planning, determining the learning objectives, material, knowledge analysis, and prerequisite skills was carried out so that a draft E-FIST was produced for further evaluation. The next stage is the development stage. After an assessment was carried out at the development stage, three expert lecturers were validated for E-FIST. The aspects that are validated are viewed from the aspects of learning, material, language, and media. The analytical method used is descriptive quantitative analysis. Based on the research results it can be concluded that E-FIST obtains a percentage of validity in terms of aspects of learning, material, language, media suitability with the principles of good learning media, media work processes, and media display respectively were categorized as very good, so that the E-FIST developed was declared very valid and suitable for use in learning. The implication of this research is that it can provide further knowledge for educators regarding the use ebook technology as the development of teaching materials. In addition, for further researchers, it can be carried out to test the effectiveness and practically in order to produce teaching materials that are suitable for use in supporting learning.