Era globalisasi dan perdagangan bebas yang salah satunya ditandai dengan semakin pesatnya perkembangan perekonomian di Indonesia saat ini telah mendorong tingginya tingkat persaingan dalam dunia usaha. Diantaranya yaitu persaingan merek dan harga yang sering terjadi pada perusahaan-perusahaan dengan merek besar dan menawarkan produk-produk yang sejenis, salah satunya yaitu perusahaan mie instan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan membahas mengenai pengaruh kesadaran merek dan harga terhadap niat beli.
Populasi dalam penelitian ini adalah seseorang dengan usia 18-43 tahun dan mengetahui produk Indomie Salted Egg tetapi belum pernah membeli ataupun mencobanya yang bersifat infinite. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan metode pengambilan sampel yaitu judgemental sampling dan diperoleh sebanyak 110 responden. Penyebaran angket secara offline dengan menggunakan skala likert dan analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesadaran merek dan harga berpengaruh signifikan terhadap niat beli. Dimana variabel kesadaran merek memiliki pengaruh lebih besar daripada variabel harga terhadap niat beli.
Kata kunci : Kesadaran merek, harga dan niat beli.
The era of globalization and free trade, which is marked by the rapid development of the Indonesian economy today has pushed the higher level of competition in the business world. Among them are brand and price competition that often occurs in companies with big brands and offer similar products, one of them is instant noodle companies. The purpose of this study is to analyze and discuss the effect of brand awareness and price on purchase intentions.
The population in this study is minimarket visitors aged 18-43 years and knows the Indomie Salted Egg but has never bought or tried it that is infinite. The sampling technique used is non-probability sampling with judgmental sampling method and obtained 110 respondents. Distribution of offline questionnaires using a Likert scale and data analysis used multiple linear regression.
The results of this study indicate that brand awareness and price have a significant effect on purchase intention. The brand awareness variables have a greater effect than price variables on purchase intentions.
Keywords: Brand Awareness, Price and Purchase Intention.