THE INFLUENCE OF STUDY TIME MANAGEMENT, PARENTAL ATTENTION, AND LEARNING FACILITIES ON THE LEARNING ACHIEVEMENT OF ECONOMIC EDUCATION DEPARTMENT STUDENTS, CLASS OF 2022, SURABAYA STATE UNIVERSITY
Tolok ukur keberhasilan dari seorang mahasiswa ketika proses belajarnya diperguruan tinggi bisa dilihat berdasarkan nilai IPKnya. terdapat berbagai macam faktor yang ikut dalam mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa sangat menarik untuk dilakukan sebuah penelitian dimana terdapat faktor yaitu intrinsik dan ekstrinsik termasuk manajemen waktu belajar, perhatian orang tua, dan fasilitas belajar yang dimiliki oleh mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dari manajemen waktu belajar, perhatian orang tua, dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi angkatan 2022 Universitas Negeri Surabaya. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Responden yang diambil pada penelitian yang telah dilakukan ini sebanyak 88 mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi angkatan 2022. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa manajemen waktu belajar, perhatian orang tua, dan fasilitas belajar tidak berpengaruh secara simultan terhadap prestasi belajar mahasiswa. Selain itu manajemen waktu belajar tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa secara parsial. Namun perhatian orang tua malah berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa secara parsial. Sementara itu fasilitas belajar tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa secara parsial.
The benchmark for a student's success in the learning process at university can be seen based on his/her GPA. There are various factors that influence student learning achievement. It is very interesting to carry out research where there are factors, namely intrinsic and extrinsic, including study time management, parental attention, and study facilities owned by students. The aim of this research is to determine the influence of study time management, parental attention, and study facilities on the study achievement of students majoring in Economic Education class of 2022 at Surabaya State University. This type of research uses a quantitative approach. The respondents taken in this research were 88 students majoring in Economic Education class of 2022. The results of this research show that study time management, parental attention, and study facilities do not simultaneously influence student learning achievement. Apart from that, study time management has no partial effect on student learning achievement. However, parental attention actually has a positive and significant effect on student learning achievement partially. Meanwhile, learning facilities have no partial effect on student learning achievement.