Strategi Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Ekstrakurikuler Seni Tari di SMP Neger 1 Ambulu Jember
Teachers Strategy in the Implementation of Dance Extracurricular Learning at SMP Negeri 1 Ambulu Jember
SMP Negeri 1 Ambulu Jember merupakan sekolah di Kabupaten Jember yang di dalamnya terdapat Ekstrakurikuler Seni Tari dengan banyak prestasi. Hal tersebut dikarenakan strategi yang digunakan oleh Guru Seni Tari. Penelitian ini membahas rumusan diantaranya (1) Bagaimana strategi yang digunakan oleh Guru Ekstrakurikuler Seni Tari di SMP Negeri 1 Ambulu Jember. (2) Prestasi apa saja yang telah diraih oleh Ekstrakurikuler Seni Tari di SMP Negeri 1 Ambulu Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Peneliti mengumpulkan data dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi, penyajian data dan simpulan. Validitas data yang digunakan yaitu triangulasi sumber. Dari hasil penelitian dan pembahasan, peneliti menarik kesimpulan bahwa kegiatan Ekstrakurikuler tersebut dalam pelaksanaannya menggunakan Rencana Proses Pembelajaran (RPP) sebagai pedoman. Strategi pembelajaran yang digunakan yaitu strategi pembelajaran langsung dan interaktif. Dalam pelaksanaan pembelajaran terdapat beberapa unsur yaitu media, materi, proses, dan evaluasi pembelajaran. Proses pembelajaran meliputi kegiatan pra, awal, inti dan penutup. Dengan pelaksanaan dan strategi tersebut, Ekstrakurikuler Seni Tari di SMP Negeri 1 Ambulu Jember meraih banyak prestasi di bidang kesenian. Prestasi-prestasi tersebut meliputi prestasi di luar sekolah seperti meraih juara di festival maupun gelar seni budaya daerah dan kegiatan seni di sekolah seperti mengadakan dies natalis dengan menampilkan tari massal.
Kata Kunci: Strategi, pembelajaran, prestasi, Ekstrakurikuler Tari.
SMP Negeri 1 Ambulu Jember is a school in Jember Regency in which there is a Dance Extracurricular with many achievements. This is because of the strategy used by the Dance Teacher. This study discusses the formulations including (1) How are the strategies used by the Dance Arts Extracurricular Teacher at SMP Negeri 1 Ambulu Jember. (2) What achievements have been achieved by the Dance Extracurricular at SMP Negeri 1 Ambulu Jember. This study uses a qualitative research approach. The researcher collected data by using interview, observation and documentation techniques. The data analysis technique uses reduction, data presentation and conclusions. The validity of the data used is source triangulation. From the results of the research and discussion, the researchers concluded that the extracurricular activities used in their implementation the Learning Process Plan (RPP) as a guide. The learning strategies used are direct and interactive learning strategies. In the implementation of learning there are several elements, namely media, materials, processes, and evaluation of learning. The learning process includes pre, initial, core and closing activities. With these implementations and strategies, the Dance Extracurricular at SMP Negeri 1 Ambulu Jember has achieved many achievements in the arts. These achievements include achievements outside of school such as winning at festivals as well as regional arts and culture titles and art activities at school such as holding a dies natalis by performing mass dances.
Keywords: Strategy, Learning, Achievement, Dance Extracurricular.