Penerapan Media Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Otomotif Di Smk Negeri 1 Kediri
Application Of Powerpoint Media To Improve Learning Outcomes Of Automotive Students At SMKN 1 Kediri
Pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan menjadi salah satu hal penting dalam terciptanya pembelajaran yang efektif. Pada jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Kediri mendukung proses belajar mengajar di kelas dengan menggunakan metode ceramah dan media pembelajaran berupa papan tulis dan Lembar Kerja Siswa. Dari metode itu siswa kurang menangkap pesan dari materi, karena belum terdapat gambar visual yang jelas, sehingga terdapat siswa dengan hasil belajar masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Experimental Research, menggunakan Nonequivalent Control Group Design atau bisa disebut dengan desain grup yang tidak setara. Metode penelitian kuantitatif adalah cara untuk memperoleh ilmu pengetahuan atau memecahkan masalah secara hati-hati dan sistematis, dan data-data yang dikumpulkan berupa rangkaian atau kumpulan angka-angka. Teknik pengumpulan data menggunakan pretest dan postest dengan hasil data dianalisa menggunakan software SPSS Statistics 21.
Hasil Penelitian menunjukan adanya pengaruh dari penerapan media pembelajaran powerpoint terhadap hasil belajar siswa, dimana diketahui bahwa nilai signifikansi 0,000<0,05. Hasil belajar juga mengalami kenaikan sebesar 16,35% setelah digunakannya media pembelajaran powerpoint. Selain itu dari hasil perhitungan Normalitas Gain didapatkan hasil uji 59,76% dimana presentase nilai tersebut masuk pada interval mean 56-75% (Cukup Efektif).
Kata Kunci: Media Pembelajaran Powerpoint, Discovery Learning, Hasil Belajar
The use of technology in education is one of the important things in creating effective learning. In the Light Vehicle Engineering department, SMK Negeri 1 Kediri supports the teaching and learning process in the classroom by using lecture methods and learning media in the form of whiteboards and Student Worksheets. From that method, students do not capture the message from the material because there is no clear visual image, so that students with learning outcomes are still below the Minimum Completeness Criteria (KKM).
The type of research used in this study is a type of quantitative research with the Quasi Experimental Research method, using Nonequivalent Control Group Design or can be called an unequal group design. Quantitative research methods are ways to obtain knowledge or solve problems carefully and systematically, and the data collected is in the form of a series or collection of numbers. Data collection techniques using pretest and postest with data results analyzed using SPSS Statistics 21 software.
The results showed the influence of the application of powerpoint learning media on student learning outcomes, where it was known that the significance value was 0.000<0.05. Learning outcomes also increased by 16.35% after the use of PowerPoint learning media. In addition, from the calculation of Normality Gain, a test result of 59.76% was obtained where the percentage of the value entered at the mean interval of 56-75% (Quite Effective).
Keywords: Powerpoint Learning Media, Discovery Learning, Learning Outcomes