PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN UNO STACKO UNTUK PENGUASAAN KOSAKATA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG LEVEL DASAR
THE USE OF UNO STACKO GAME MEDIA FOR VOCABULARY MASTERY IN JAPANESE LANGUAGE LEARNING BASIC LEVEL
Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan pembelajaran kosakakata bahasa Jepang dengan menggunakan media Uno Stacko, dan 2) mendeskripsikan kelebihan dan 3) mendeskripsikan kelemahan media permainan Uno Stacko jika diterapkan dalam pembelajaran bahasa Jepang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi dengan studi literatur yaitu mengumpulkan informasi dari berbagai macam sumber referensi berupa literatur-literatur ilmiah yang berhubungan variabel-variabel dalam penelitian ini. Teknik analisis data menggunakan metode analisis data sekunder melalui hasil penelitian terdahulu berupa skripsi, artikel, dan makalah berdasarkan tema penelitian ini. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan media permainan Uno Stacko kosakata bahasa Jepang dilakukan dengan langkah-langkah singkat sebagai berikut: 1) Pembagian kelompok. 2) Penjelasan peraturan dan cara bermain media permainan Uno Stacko. 3) Siswa mulai melakukan aktivitas pembelajaran sesuai peraturan permainan dan instruksi dari guru. 4) Guru sebagai pengontrol waktu dan aktivitas siswa agar kegiatan berjalan sesuai skenario belajar serta siswa tetap kondusif mengikuti jalannya kegiatan dengan baik dan benar. Kelebihan yang dimiliki media permainan Uno Stacko yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, meningkatkan kemampuan kognitif atau pengetahuan siswa, mendorong siswa untuk lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran, dan meningkatkan kemampuan bersosialisasi. Sedangkan kelemahan yang dimiliki yaitu suasana kelas kurang terkontrol, pembuatannya menghabiskan cukup banyak waktu, tenaga, dan biaya, serta memungkinkan siswa menjadi tidak terlalu fokus dengan tujuan pembelajaran.
Kata kunci: media pembelajaran, permainan Uno Stacko, penguasaan kosakata
The purpose of this study are: 1) describe the steps in the application of Japanese vocabulary learning using Uno Stacko media, 2) describe the advantages and 3) describe the weaknesses of Uno Stacko game media when applied in Japanese learning. The method used in this research is library research. Data collection techniques used in this study are documentation techniques with the study of literature that is gathering information from a variety of reference sources in the form of scientific literature relating the variables in this study. Data analysis techniques using secondary data analysis methods through the results of previous research in the form of theses, articles, and papers based on the theme of this study. The results of this study can be seen that the application of learning by using Uno Stacko Japanese vocabulary media games is done with the following short steps: 1) Division of groups. 2) Explanation of the rules and how to play Uno Stacko game media. 3) Students start doing learning activities according to the rules of the game and instructions from the teacher. 4) The teacher as a time controller and student activities so that the activities run according to the learning scenario and students remain conducive to follow the course of activities properly and correctly. The advantages of Uno Stacko game media are that it can increase student motivation, improve students' cognitive abilities or knowledge, encourage students to be more active in learning activities, and improve social skills. While the weaknesses they have are that the classroom atmosphere is poorly controlled, the making of it consumes a considerable amount of time, energy, and cost, and allows students to become less focused with the learning objectives.
Keywords: learning media, Uno Stacko game, vocabulary mastery