PERANCANGAN MEDIA PROMOSI PRODUK "LOKAN" MENGGUNAKAN KARAKTER ANIME DAN VTUBER UNTUK TARGET AUDIENCE GEN-Z
"LOCAL" PRODUCT PROMOTION MEDIA DESIGN USING ANIME AND VTUBER CHARACTERS FOR THE GEN-Z TARGET AUDIENCE
Anime populer di kalangan remaja, terutama di Indonesia, di mana penggemar anime menunjukkan
dedikasi melalui komunitas dan event. Totebag dengan desain anime menjadi populer di kalangan Gen
Z, sehingga muncul ide untuk menciptakan brand "Lokan" yang menggabungkan anime dengan
kebudayaan lokal Indonesia dalam desain totebag. Akan tetapi UMKM Lokan ini memiliki kekurangan
yaitu belum ada media promosi guna mempromosikan produk. Tujuan perancangan ini yaitu untuk
merancang media promosi UMKM Lokan. Metode perancangan yang digunakan yaitu
wawancara,observasi dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan yaitu SWOT.hasil yang
didapatkan yaitu perancangan media promosi X-banner,Feeds,Kemasan, Poster,brosur,Stiker, dan
Gantungan Kunci. Gaya desain yang digunakan yaitu pengabungan antara unsur jepang dan unsur lokal
yang simple.
Keywords: UMKM; Anime; Indonesia; totebag; Jepang
Anime is popular among teenagers, especially in Indonesia, where anime fans show dedication through
communities and events. Totebags with anime designs have become popular among Gen Z, so the idea
emerged to create the "Lokan" brand which combines anime with local Indonesian culture in totebag
designs. However, this Lokan UMKM has a weakness, namely that there is no promotional media to
promote the product. The aim of this design is to design promotional media for Lokan UMKM. The
design methods used are interviews, observation and documentation. The analysis method used is
SWOT. The results obtained are the design of promotional media X-banner, feeds, packaging,
poster,brochures,Stickers, and Keychain. The design style used is a combination of simple Japanese and
local elements.
Keywords: UMKM; Anime; Indonesia; tote bags; Japan