Keterampilan berbicara adalah keterampilan yang sulit tetapi menarik untuk dipelajari sehingga perlunya berlatih secara teratur. Berdasarkan hasil wawancara pada guru di SMAN 3 Kediri, bahwa keterampilan berbicara peserta didik pada kelas 10 sangat kurang, karena percaya diri dan rasa takut mereka yang lebih mendominasi. Oleh karen itu dibutuhkan alat untuk menumbuhkan rasa percaya diri peserta didik yaitu melalui media pembelajaran yang dikembangkan. Media pembelajaran yang dikembangkan adalah monopoli bahasa Jerman. Rumusan masalah pada artikel ilmiah ini adalah bagaimana pengembangan permainan monopoli menjadi media pembelajaran bahasa Jerman dengan tema Gegenstände in der Schule untuk peserta didik kelas X semester 2 SMA/MA. Tujuan pada artikel ilmiah ini yaitu mengembangkan permainan monopoli menjadi media pembelajaran bahasa Jerman. Artikel ilmiah dikaji dengan beberapa teori. Teori pengembangan yang digunakan adalah teori pengembangan milik Borg dan Gall. Metode penulisan dalam karya ilmiah ini yaitu Research and Development dengan pendekatan studi pustaka.Sumber data merujuk pada jurnal Ratna Wahyu Anggraini, serta buku studio DA1 sebagai materi tambahan dan gambar-gambar dari internet. Artikel ilmiah ini menggunakan 4 langkah dalam pengembangan yaitu; pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, dan uji lapangan awal. Instrument yang digunakan dalam proses validasi media ini adalah teori Arsyad dan Sumantri dari hasil studi pustaka. Hasil validasi menunjukkan bahwa media monopoli bahasa Jerman layak untuk digunakan, dan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran monopoli bahasa Jerman layak untuk digunakan.
Kata Kunci: Pengembangan Media, Monopoli, Bahasa Jerman, Keterampilan Berbicara.
Reading skills are difficult skill but intresting to learn that need to practice systematically. Based on the results of the interview at Senior High School 3 Kediri, that reading skills of students in the tenth grade are very less, because their confidence and fear dominate. So that needed tools to grow confident learnersthat is through learning media that was developed. The learning media developed are monopoly of the German language. The problem formulation in this article how is the development of monopoly games into German language learning media with the theme of Gegenstände in der Schule for students in the tenth grade semester two of Senior High School. The purpose of this scientific article is to develop monopoly game to learning media for German language. This article are reviewed by several theories. The development theory used is Borg’s and Gall’s theory of development. The writing method of this scientific article is Research and Development with a literature study approach. The data source refers to the journal Ratna Wahyu Anggraini, and studio book DA1 as the additional material and pictures from the internet.This scientific article use four steps in development that is ; accumulated information, planning, initial product development, and initial field test. The instruments used in the media validation process is Arsyad and Sumantri theory from the results of the literature studies. The validation results indicate that media of the monopoly German language worth it to be used, and can concluded that media of the monopoly German language worth it to be used.
Keywords: Media Development, Monopoly, German Language, Reading Skills.