ABSTRAK
Muhtadin, Beny. 2020. Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Media Video terhadap
Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN
Sekargadung I Mojokerto . Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar,
Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (I) Prof. Dr. Rusijono,
M.Pd., (II) Dr.
Suhanadji, M.Si
Kata Kunci : Model
Problem Based Learning, Media Video, Keterampilan Berpikir
Kritis, dan Hasil Belajar IPS
Penelitian ini
bertujuan untuk mendiskripsikan pengaruh model problem based learning dengan media video terhadap keterampilan
berpikir kritis dan mendiskripsikan pengaruh model problem based learning dengan media video terhadap hasil belajar
IPS siswa kelas IV SDN Sekargadung I Mojokerto. Model PBL dengan media video
konflik keberagaman dapat diterapkan untuk semua pembelajaran penanaman konsep,
perumusan masalah, investigasi, pemecahan masalah.
Jenis penelitian ini
merupakan penelitian Quasi
Experimental Design dengan non-equivalent
control group design . Penelitian
ini dilaksanakan di SDN Sekargadung I
Mojokerto pada tahun pelajaran 2020/2021. Responden penelitian
ini kelas IV A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 20 orang dan kelas
IV B sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 20 orang. Instrumen menggunakan
tes keterampilan berpikir kritis dan tes hasil belajar IPS. Data yang diperoleh
dianalisis dengan uji
statistik menggunakan Independent
Sample T-Test .
Hasil uji independent
samples t-test keterampilan berpikir kritis siswa menunjukkan bahwa thitung (3,533) > ttabel (2,024) dengan df=38,
dan taraf signifikansi (Sig. 2-tailed) 0,001 < 0,05, sehingga disimpulkan H1
diterima dan H0 ditolak. Hasil uji independent samples t-test hasil
belajar IPS siswa menunjukkan bahwa thitung
(1,486) < ttabel
(2,024) dengan df=38, dan taraf signifikansi (Sig. 2-tailed) 0,145 > 0,05,
sehingga disimpulkan H0 diterima dan H1 ditolak.
Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa (a) ada pengaruh yang
signifikan penerapan model problem based
learning dengan media video terhadap keterampilan berpikir kritis siswa
kelas IV SDN Sekargadung I Mojokerto, (b) tidak ada pengaruh yang signifikan model
problem based learning dengan media
video terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Sekargadung I Mojokerto.