Penelusuran Praktik Guru Bahasa Inggris dalam Technology Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dalam Pengajaran Bahasa Inggris
Tracing the English Teachers’ Practice of Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) in English Language Teaching
ABSTRAK
Andi Bulkis Maghfirah Mannong. 2024. Menelusuri Praktik Guru Bahasa Inggris dalam Technology Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dalam Pengajaran Bahasa Inggris. Disertasi. Doktor pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Fakultas Bahasa dan Seni. Pembimbing : (1) Prof. Slamet Setiawan, MA., Ph.D. Dan (II) Ahmad Munir, Ph.D.
Kata Kunci: TPACK; Guru Bahasa Inggris; Praktik; Rencana Pembelajaran, Pelaksanaan, Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan Abad 21 menuntut guru untuk mengintegrasikan teknologi untuk mendukung pembelajaran yang efektif dan perkembangan siswa. Sudah menjadi kebutuhan penting bagi guru untuk memiliki kemampuan merancang pembelajaran dengan menggabungkan tiga komponen pengetahuan, yaitu konten, pedagogi, dan teknologi (TPACK). Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi praktik TPACK guru bahasa Inggris yang melibatkan: (1) TPACK Praktek guru dalam pengajaran bahasa Inggris ditinjau dari rencana; (2) Praktik TPACK guru terhadap pengajaran bahasa Inggris ditinjau dari implementasinya; (3) Praktek TPACK guru terhadap pengajaran bahasa Inggris ditinjau dari evaluasi; dan (4) pandangan guru tentang faktor kontekstual dalam praktik TPACK pada pengajaran bahasa Inggris.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Data diperoleh dari 4 guru bahasa Inggris yang mengajar guru negeri dan swasta yang dipilih secara sengaja berdasarkan kriteria kelayakan; guru bahasa Inggris; penerapan teknologi untuk mendukung pengajaran bahasa Inggris; berpartisipasi dalam komunitas pengembangan profesional dan mengajar di sekolah menengah pertama yang terakreditasi A. Data diperoleh dari analisis dokumen, observasi dan wawancara. Kemudian data dianalisis menggunakan analisis data kualitatif yang dikemukakan oleh Miles dkk (2014): Kondensasi data; tampilan data; dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian mengungkapkan beberapa hal: Pertama, praktik memasukkan tujuh komponen TPACK dengan tujuh kategori ke dalam RPP belum diterapkan secara penuh oleh seluruh peserta. Ditemukan masih terdapat sebagian guru yang belum memasukkan sumber belajar sebagai komponen TK dalam RPPnya. Selain itu, pemasangan komponen PCK sudah diterapkan secara penuh oleh separuh peserta. Pada kategori kegiatan pembelajaran, dalam RPP tidak dicantumkan urutan kegiatan yang melibatkan model pembelajaran yang dipilih. Selain itu, pada kategori penilaian masih ditemukan RPP yang belum memuat teknik penilaian proses pembelajaran. Kedua, penerapan komponen TCK dan TPK belum diterapkan secara penuh oleh sebagian peserta. Pada TCK, penerapan tugas yang melibatkan pemanfaatan teknologi/technology task, sedangkan pada TPK, sebagian besar peserta tidak mengembangkan tugas siswa yang melibatkan pemanfaatan teknologi selama proses pembelajaran secara offline. Teknologi pengintegrasian hanya berpusat pada guru. Ketiga, guru melakukan evaluasi pembelajaran dengan menggunakan slide PowerPoint, WhatsApp, Baamboozle, Quizizz, Document sharing, dan Google form. Namun media yang paling banyak digunakan oleh peserta adalah slide PowerPoint dan WhatsApp. Dalam mencocokkan teknologi penilaian, peserta menyesuaikan tujuan pembelajaran dengan teknologi yang digunakan. Selain itu, referensi peserta yang digunakan dalam menyusun instrumen evaluasi pembelajaran bersumber dari internet seperti YouTube, Google, WikiHow dll. Keempat, peserta memberikan pandangan positif terhadap pengembangan profesi, pelatihan serta faktor sarana dan prasarana dalam melakukan praktik TPACK.
Sebagai kesimpulan, penelitian ini menyoroti pentingnya penggunaan kerangka TPACK dalam ELT sebagai cerminan pendidikan abad ke-21. Guru perlu fokus tidak hanya pada pengajaran mata pelajaran tetapi juga pada metode/strategi pembelajaran dan integrasi teknologi dalam pengajaran mereka karena dapat membantu keterlibatan siswa dan hasil belajar. Selain itu, guru juga dituntut memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam merancang RPP dan mengimplemntasikan TPACK dalam kelas serta mengembangkan Evaluasi Pembelajaran menggunakan teknologi untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran.
Andi Bulkis Maghfirah Mannong. 2024. Tracing the English Teachers’ Practice of Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) in English Language Teaching. Dissertation. Doctor at Language and Literature Education Study Program, Faculty of Language and Arts. Supervisors: (1) Prof. Slamet Setiawan, MA., Ph.D. And (II) Ahmad Munir, Ph.D.
Keywords: TPACK; English Teachers; Practice; Lesson Plan, Implementation, Learning Evaluation
The 21st Century Education requires the teachers in integrating technology to support effective learning and students’ development. It has become significant necessity for teachers to have ability to design learning by combining three components of knowledge, namely content, pedagogy, and technology (TPACK).This research aimed to explore the TPACK practice of the English teachers that involves: (1) the TPACK Practice of the teachers on English language teaching in terms of plan; (2) the TPACK Practice of the teachers on English language teaching in terms of implementation; (3) the TPACK Practice of the teachers on English language teaching in terms of evaluation; and (4) the teachers' perspectives about contextual factors in practicing TPACK on English language teaching..
The study employed descriptive qualitative research, The data was obtained from 4 English teachers who teac state and private teachers that selected purposively based on the eligibility criteria; English teachers; applying technology to support English language teaching; participating in professional development community and teaching in A-accredited junior high schools. The data was gained from document analysis, observation and interview. Then, the data was analyzed using qualitative data analysis proposed by Miles et al (2014): Data condensation; data display; and conclusion drawing/verification.
The research findings revealed several points: First, the practice of infusing the seven components of TPACK with seven categories in lesson plan had not implemented full yet by all participants. It found that there were still some of the teachers who had not included the learning sources as the TK component in their lesson plan. In addition, the infusing of the PCK component had been applied full yet by a half of participants. In category of learning activity, a lesson plan was not included the sequence of activities that involve the selected learning model. Moreover, in the category of assessment, it found there is still a lesson plan which did not include the techniques used in assessing the learning process. Second, the implementation of TCK and TPK components had not applied full yet by a half of participants. In TCK, the applying of assignment that involved the use of technology/ technology-based task Meanwhile, in TPK, most the participants did not didn’t develop the students’ task that was involved the use of technology during the learning process. Third, the teacher conducted the learning evaluation with the use of PowerPoint slide, WhatsApp, Baamboozle, Quizizz, Document sharing, and Google forms. However, the most media used by the participants was PowerPoint slide and WhatsApp. In match the assessment technology, the participants adjust the learning goals with the technology used. Moreover, the references of participants used in arranging the instruments of learning evaluation were sourced from Internet, such as YouTube, Google, WikiHow etc. Fourth, the participants provided positive perspective on the professional development, training and facilities and infrastructures factors in practicing TPACK.
To conclude, this study highlighted the significance of the use of TPACK framework in ELT as a reflection of 21st Century education. The teacher requires to focus not only on the subject teaching but also on the learning method/strategy and the integrating of technology in their teaching as it can help the students’ engagements and learning outcomes. Moreover, the teachers are also required to have knowledge and skill in designing lesson plan and implementing and develop learning Evaluation involving technology to enhance learning activities.