Materi Pembelajaran Essen und Trinken dalam Game Wildschlange untuk Keterampilan Membaca Kelas XI Semester 2
"Essen und Trinken" Learning Materials In The Wildschlange Game For Reading Skills Class XI Semester 2
Bahasa Jerman menjadi salah satu mata pelajaran bahasa asing di SMA, SMK, dan MA sesuai dengan kurikulum 2013. Pada mata pelajaran bahasa Jerman, peserta didik harus menguasai keterampilan berbahasa. Keterampilan membaca merupakan keterampilan pertama yang dimungkinkan untuk dipelajari oleh peserta didik pada pembelajaran bahasa Jerman. Akan tetapi, keterampilan membaca masih kurang dikuasai oleh peserta didik khususnya pada selektives Lesen. Berdasarkan rendahnya kemampuan peserta didik terhadap selektives Lesen terutama pada tema Essen und Trinken, maka pendidik harus menerapkan teknik pembelajaran yang lebih menarik minat peserta didik. Teknik pembelajaran yang dapat menarik minat peserta didik yaitu melalui permainan. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan materi ajar bahasa Jerman peserta didik kelas XI semester 2 yang dapat digunakan dalam game Wildschlange sesuai dengan kurikulum 2013.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi pustaka. Sumber data yang dipakai berasal dari 3 buku bahasa Jerman, yaitu Deutsch ist einfach 2, Studio D A1, dan Netzwerk A1 dan dari internet yaitu Goethe Institut Glasglow. Data yang dipakai berupa Wortschatz dan teks singkat atau teks dialog. Selanjutnya, data dari seluruh sumber dianalisis berdasarkan kurikulum 2013 yang meliputi kesesuaian data dengan tema Essen und Trinken, Kompetensi Dasar 3.3, indikator pencapaian kompetensi, dan tujuan pembelajaran.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh 65 data berupa Wortschatz dan 8 data berupa teks pendek atau teks dialog dengan tema Essen und Trinken. Setelah itu, data-data tersebut diproses disesuaikan dengan konsep untuk dimasukkan dalam game Wildschlange melalui aplikasi zonacacing dan disusun cara penggunaan game tersebut untuk memudahkan peserta didik dalam menggunakannya.
Kata Kunci: Keterampilan membaca, Game Wildschlange, Materi pembelajaran Essen und Trinken
German is one of the foreign language subjects in SMA, SMK, and MA in accordance with the 2013 curriculum. In German subjects, students must master language skills. Reading skills are the first skills that are possible for students to learn in German language learning. However, reading skills are still not mastered by students, especially in selectives licenses. Based on the low ability of students to select Lesen, especially on the Essen und Trinken theme, educators must apply learning techniques that are more attractive to students. Learning techniques that can attract students' interest are through games. Based on this, this study aims to describe the German language teaching materials for class XI semester 2 students that can be used in the Wildschlange game according to the 2013 curriculum.
This research is a qualitative research with literature study method. The data sources used are from 3 German books, namely Deutsch ist einfach 2, Studio D A1, and Netzwerk A1 and from the internet, namely Goethe Institut Glasglow. The data used are in the form of Wortschatz and short text or dialogue text. Furthermore, data from all sources were analyzed based on the 2013 curriculum which included the suitability of the data with the theme Essen und Trinken, Basic Competence 3.3, indicators of competency achievement, and learning objectives.
Based on the results of data analysis, 65 data were obtained in the form of Wortschatz and 8 data in the form of short texts or dialogue texts with the theme Essen und Trinken. After that, the data is processed according to the concept to be included in the Wildschlange game through the zonacacing application and how to use the game is arranged to make it easier for students to use it.
Keywords: Reading skill, Wildschlange Game, Essen und Trinken learning materials