PENGARUH EFIKASI DIRI, KOMITMEN, DAN REGULASI DIRI TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI KOTA SURABAYA
THE INFLUENCE OF SELF-EFFICACY, COMMITMENT, AND SELF-REGULATION ON THE ACADEMIC RESILIENCE OF STATE JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS IN THE CITY OF SURABAYA
ABSTRAK
Puspitasari,Yuanita. 2023. Pengaruh Efikasi Diri, Komitmen, dan Regulasi Diri Terhadap Resiliensi Akademik Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Negeri Di Kota Surabaya . Tesis, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Dr. Eko Darminto,M.Si. (II) Dr. Retno Tri Hariastuti, M.Pd., Kons.
Kata-kata kunci: resiliensi akademik, efikasi diri,komitmen, regulasi diri
Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh efikasi diri, komitmen, dan regulasi diri pada resiliensi akademik. Sedangkan tujuan khusus penelitian adalah untuk menetapkan besaran persentase pengaruh variabel efikasi diri, komitmen, dan regulasi diri pada variabel resiliensi akademik. Hasil penelitian ini dapat memberikan pemahaman yang bermakna tentang cara bagaimana peserta didik dapat mengembangkan dan mempertahankan resiliensi mereka ketika menghadapi tantangan dalam tugas-tugas akademik.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksplanatori. Sampel penelitian adalah 451 peserta didik SMP di Kota Surabaya ini dipilih melalui teknik purposive area random sampling. Data variabel resiliensi akademik, efikasi diri, komitmen, dan pengendalian diri dikumpulkan melalui teknik self-report dengan instrumen inventori. Keempat instrumen telah memenuhi peryaratan psikometri dengan koefisien reliabelitas alpha Cronbach sebesar 0.915 untuk inventori efikasi diri, 0.849 untuk inventori komitmen, 0.864 utuk inventori regulasi diri, dan 0.802 untuk inventori resiliensi akademik.
Analisis dilakukan dengan metode statistik melalui rumus regresi ganda. Data penelitian telah memenuhi semua persyaratan asumsi klasik dalam model regresi ganda. Hasil analisis menyatakan bahwa variabel efikasi diri, komitmen, dan regulasi diri memberikan pengaruh secara simultan sebesar 18.8% pada variabel resiliensi akademik. Sedangkan secara parsial atau individual, variabel efikasi diri, komitmen, dan regulasi diri secara berurutan memberikan pengaruh sebesar 8.3%, 2.4%, dan 8% pada resiliensi akademik. Pengaruh simultan dan parsial tersebut positif dan signifikan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa variabel efikasi diri, komitmen, dan regulasi diri memberikan pengaruh positif dan signifikan pada variabel resiliensi akademik namun besaran persentasenya tergolong sangat kecil. Temuan penelitian ini mengimplikasikan bahwa variabel efikasi diri, komitmen, dan regulasi diri kurang menjanjikan jika digunakan sebagai aspek yang perlu diperkuat dalam program intervensi psikologis dalam rangka mengembangkan resiliensi akademik peserta didik SMP. Untuk itu perlu dilakukan banyak penelitian lanjutan untuk menemukan faktor yang memberikan pengaruh lebih besar pada resiliensi akademik peserta didik SMP.
ABSTRACT
Puspitasari, Yuanita. 2023. The Influence of Self-Efficacy, Commitment and Self-Regulation on the Academic Resilience of State Junior High School Students in the City of Surabaya. Thesis, Guidance and Counseling Study Program, Postgraduate, Surabaya State University. Supervisor: (1) Dr. Eko Darminto, M.Si. (II) Dr. Retno Tri Hariastuti, M.Pd., Kons.
Key words: academic resilience, self-efficacy, commitment, self-regulation
The goal of this study is to examine the impact of self-efficacy, commitment, and self-regulation on academic resilience. The objective of this study is to determine the degree to which self-efficacy, commitment, and self-regulation variables influence academic resilience variables, both simultaneously and partially. The study will explore how these factors contribute to academic resilience and provide valuable insights into how students can develop and sustain resilience in the face of academic challenges.
The study was conducted using a quantitative approach with an exploratory design. The participants were 451 junior high school students from Surabaya City, selected through purposive area random sampling. Data on variables of academic resilience, self-efficacy, commitment, and self-regulation were collected through inventory. All four inventories meet psychometric requirements with Cronbach's Alpha coefficient is relatively high, which is 0.915 for self-efficacy, 0.849 for commitment, 0.864 for self-regulation, and 0.802 for academic resilience.
The analysis is carried out by statistical methods through multiple regression formulas. The data have met all the requirements of the classical assumptions of regression models. The study found that self-efficacy, commitment, and self-regulation have a combined influence of 18.8% on academic resilience. Individually, self-efficacy, commitment, and self-regulation have partial influences of 8.3%, 2.4%, and 8%, respectively, on academic resilience.
The conclusion obtained from this study is that the variables self-efficacy, commitment, and self-regulation have a positive and significant influence on the variable of academic resilience but the magnitude of the influence is relatively low both simultaneously and partially. The findings of this study imply that the variables self-efficacy, commitment and self-regulation are less promising if used as aspects that need to be strengthened in psychological intervention programs to increase students' academic resilience. Further research needs to be done to find other variables that contribute more to the academic resilience of students.