EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA CERMIN EKSPRESI UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN
THE EFFECTIVENESS OF USING MIRROR OF EXPRESSION MEDIA TO INCREASE CONFIDENCE IN CHILDREN AGED 5-6 YEARS
Pendidikan usia dini merupakan waktu krusial bagi tumbuh dan kembang potensi diri anak. Salah satu potensi diri yang penting untuk dikembangkan sejak dini adalah rasa percaya diri. Memiliki tingkat rasa percaya diri yang tinggi, membuat anak lebih dapat menyelesaikan tugas hingga selesai dengan berani dan mandiri. Salah satu langkah yang dapat mengoptimalkan perkembangan kepercayaan diri anak adalah dengan menggunakan alat permainan edukatif (APE), seperti media cermin ekspresi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan media cermin ekspresi untuk meningkatkan percaya diri anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan metode Single Subject Research (SSR) dengan desain penelitian A-B-A yang dilakukan 15 kali. Pada tiap tahap, subjek akan diminta untuk memainkan media Cermin Ekspresi, menirukan ekspresi, dan mencocokkan kartu ekspresi. Pengambilan data dilakukan secara langsung dengan metode observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode statistik deskriptif dengan penyajian grafik. Hasil penelitian menunjukan bahwa media cermin ekspresi efektif untuk meningkatkan percaya diri pada anak. Hal ini berdasarkan adanya peningkatan dalam percaya diri anak pada setiap fase baseline-1, intervensi dan baseline-2, terutama pada fase baseline-2 dimana anak diminta untuk menirukan ekspresi dan anak percaya diri ketika menirukan ekspresi. Dapat disimpulkan bahwa media cermin ekspresi efektif untuk meningkatkan percaya diri pada anak usia 5-6 tahun.
Early childhood education is crucial for the growth and development of children's potential. One of the important self-potentials to be developed early age is self-confidence. By having a high level of self-confidence, children can complete tasks bravely and independently. One of the steps that can optimize the development of children's self-confidence is to use educational game tools (APE), such as expression mirror media. This study aims to determine the effectiveness of using expression mirror media to increase the self-confidence of children aged 5–6 years. At each stage, the subject will be asked to play the Expression Mirror media, imitate expressions, and match expression cards. This research used the Single Subject Research (SSR) method with an A-B-A research design for 15 times. Data collection is carried out directly through observation and documentation methods. The data obtained were analyzed using descriptive statistical methods with graphic presentation. The results of the study show that mirror expression media is effective for increasing self-confidence in children. This is based on an increase in the child’s self-confidence in each phase of baseline-1, intervention and baseline-2, especially in the baseline-2 phase where children asked to imitate expressions and children are confident when imitating expression. Based on data analysis, it can be interpreted that mirror expression media is effective in increasing self-confidence in children aged 5-6 years.