Qomariyah, Siti Nurul . 2019. Pengaruh Interaksi Sosial, Status Sosial Ekonomi, dan Pengetahuan Dasar Ekonomi Pendidikan, terhadap Perilaku Ekonomi Peserta Didik MAN di Kabupaten Pati. Tesis, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. Harti, M.Si., dan (II) Dr. Hariyati, Ak., M.Si., C.A.
Kata-kata Kunci: Interaksi Sosial, Status Sosial Ekonomi, Pengetahuan Dasar Ekonomi, Perilaku Ekonomi.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh interaksi sosial terhadap terhadap perilaku ekonomi peserta didik MAN di Kabupaten Pati. 2) pengaruh status sosial ekonomi terhadap perilaku ekonomi peserta didik MAN di Kabupaten Pati. 3) pengaruh pengetahuan dasar ekonomi terhadap perilaku ekonomi peserta didik MAN di Kabupaten Pati. dan 4) pengaruh interaksi sosial, status sosial ekonomi, dan pengetahuan dasar ekonomi secara simultan terhadap perilaku ekonomi peserta didik MAN di Kabupaten Pati.
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran angket pada peserta didik. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 266 peserta didik di MAN Kabupaten Pati. Sampel sebanyak 160 peserta didik dengan teknik purpotional random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa secara parsial 1) ada pengaruh signifikan positif interaksi sosial terhadap perilaku ekonomi peserta didik MAN di Kabupaten Pati; 2) ada pengaruh signifikan positif status sosial ekonomi terhadap perilaku ekonomi peserta didik MAN di Kabupaten Pati; 3) ada pengaruh signifikan positif pengetahuan dasar ekonomi terhadap perilaku ekonomi peserta didik MAN di Kabupaten Pati; 4) ada pengaruh interaksi sosial, status sosial ekonomi dan pengetahuan dasar ekonomi secara simultan terhadap perilaku ekonomi peserta didik MAN di Kabupaten Pati. Hal ini ditunjukkan dengan hasil Uji F yang memperoleh nilai signifikansi sebesar 0.00 < 0.05, Hal ini dapat di artikan bahwa adanya pengaruh interaksi sosial, status sosial ekonomi dan pengetahuan dasar ekonomi bersama-sama berpengaruh terhadap perilaku ekonomi peserta didik MAN di Kabupaten Pati.
Qomariyah, Siti Nurul. 2019. Effects of Social Interaction, Socio-Economic Status, and Basic Knowledge of Educational Economics, on Economic Behavior of MAN Students in Pati District. Thesis, Economic Education Study Program, Postgraduate Program, Surabaya State University. Advisor: (I) Dr. Harti, M.Si., and (II) Dr. Hariyati, Ak., M.Si., C.A.
Keywords: Social Interaction, Socio-Economic Status, Basic Knowledge of Economics, Economic Behavior.
This study aims to analyze: 1) the effect of social interaction on the economic behavior of MAN students in Pati District. 2) the influence of socio-economic status on the economic behavior of MAN students in Pati District. 3) the effect of basic economic knowledge on the economic behavior of MAN students in Pati District. and 4) simultaneous influence of social interaction, socio-economic status, and basic knowledge of economics on economic behavior of MAN students in Pati Regency.
The approach in this study uses a quantitative research approach. This study uses primary data obtained from questionnaires to students. The population in this study amounted to 266 students in Pati District. A sample of 160 students with purposive random sampling technique. The data analysis technique used is multiple linear regression.
Based on the results of data analysis, the results of the study show that partially 1) there is a significant positive effect of social interaction on the economic behavior of MAN students in Pati Regency; 2) there is a significant positive effect of socio-economic status on economic behavior of MAN students in Pati Regency; 3) there is a significant positive effect of basic economic knowledge on the economic behavior of MAN students in Pati Regency; 4) there is the influence of social interaction, socio-economic status and basic economic knowledge simultaneously on the economic behavior of MAN students in Pati Regency. This is indicated by the results of the F Test which obtained a significance value of 0.00 <0.05. This can be interpreted that the influence of social interaction, socio-economic status and basic knowledge of the economy together influence the economic behavior of MAN students in Pati Regency.