Kemampuan berpikir analitis penting untuk dikuasai peserta didik pada era perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin pesat ini. Dalam melatihkan kemampuan tersebut dibutuhkan pembelajaran berbasis literasi sains yang menghadirkan berbagai stimulus fenomena aktual. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) “Klasifikasi dan Kekerabatan Paku-Pakuan” berbasis literasi sains untuk melatihkan kemampuan berpikir analitis yang valid berdasarkan hasil validasi, praktis berdasarkan keterlaksanaan dan keterbacaan LKPD, dan efektif berdasarkan respons peserta didik. LKPD yang dikembangkan mengintegrasikan literasi sains dengan difasilitasi oleh pengatur grafis literasi sains dan indikator kemampuan berpikir analitis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate, namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap develop. Sasaran penelitian ini yakni pengembangan LKPD yang diujicobakan pada 20 peserta didik di SMA Muhammadiyah 4 Surabaya. Data dikumpulkan dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Validitas LKPD berdasarkan hasil validasi pada aspek penyajian, aspek isi, aspek bahasa, dan aspek karakteristik LKPD memperoleh skor rata-rata sebesar 3,93 pada Topik 1 dan skor 4 pada Topik 2 yang keduanya dinyatakan sangat valid. Kepraktisan LKPD berdasarkan keterlaksanaan LKPD sebesar 95% dengan kategori praktis dan berdasarkan keterbacaan LKPD yang termasuk ke dalam level 10 yang mengindikasikan sesuai digunakan untuk peserta didik kelas X. Keefektifan LKPD berdasarkan respons peserta didik setelah menggunakan LKPD sebesar 96,25% dengan kategori efektif. Dengan demikian LKPD “Klasifikasi dan Kekerabatan Paku-Pakuan” berbasis literasi sains dinyatakan sangat valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran pada sub materi Pteridophyta.
Kata kunci: Berpikir Analitis, Literasi Sains, LKPD, Paku-pakuan.
Analytical thinking ability is important for students in this era of rapid scientific development. In practicing this ability, learning based on scientific literacy is needed, which presents a variety of actual phenomenon stimuli. The purpose of this research was to produce a student worksheet “Classification and Alliance of Pteridophytes” based on science literacy to train analytical thinking ability that valid based on the results of validation, practical based on observations of implementation on learning and readability, and effective based on the results of the student’s response. Student worksheet that was developed integrates science literacy facilitated by graphic regulator of scientific literacy and indicators of analytical thinking ability. This research was development research referred to 4D model include of define, design, develop, without disseminate. The student worksheet was tested to 20 students of SMA Muhammadiyah 4 Surabaya. The data were analyzed descriptive quantitatively. The results of this research indicated that the student worksheet was very valid with an average score of 3,93 in Topic 1 and score 4 in Topic 2 (based on the results of validation on presentation aspects, content aspects, language aspects, and student worksheet characteristic). The result showed that the student worksheet concluded practical based on the student worksheet implementation with percentage 95% and based on the result of readability was on level 10 (suitable for use by readers at grade X). The results of student’s response obtained 96,25% with effective interpretations. Based on the results, it can be concluded that the student worksheet “Classification and Alliance of Pteridophytes” based on science literacy were feasible on validity, practically and effectively.
Keywords: Analytical thinking, Science literacy, Students Worksheet, Pteridophytes.