Pembelajaran Menggambar Ilustrasi Karakter Berbasis Lingkungan di SMPN 14 Gresik
Learning to Draw Environmental-Based Character Illustrations at SMPN 14 Gresik
Abstrak
Penerapan pembelajaran ilustrasi pada kompetensi dasar menggambar ilustrasi dengan teknik manual atau digital kelas VIII SMPN 14 Gresik kurang kreatif, kurang variatif, dan peserta didik kurang diberikan kesempatan untuk mengeksplorasi idenya. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan pembelajaran menggambar ilustrasi karakter berbasis lingkungan serta mendeskripsikan hasil pembelajaran ilustrasi berbasis lingkungan yang telah dilakukan oleh siswa SMPN 14 Gresik. Pembelajaran menggambar ilustrasi berbasis lingkungan sangat diperlukan siswa guna merangsang imajinasi siswa dalam menggambar ilustrasi dengan mengamati lingkungan sekitar dan mengembangkan ide dan gagasannya menjadi gambar ilustrasi yang menarik dan kreatif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuisioner. Hasil dari penelitian dengan menerapkan pembelajarn ilustrasi berbasis lingkungan dengan 16 siswa kelas VIII sebanyak 6 siswa atau sekitar 37,5% mendapatkan nilai sangat baik, 6 siswa atau 37,5% mendapatkan nilai baik, 2 siswa atau 12,5% mendapatkan nilai cukup dan sisanya sebanyak 2 siswa atau sekitar 12,5% perlu bimbingan. Dengan demikian berdasrkan capaian pembelajaran tersebut pembelajaran menggambar ilustrasi berbasis lingkungan memiliki dampak yang sangat baik bagi siswa dan siswa mampu mempraktikkan dan menyelesaikan karya gambar ilustrasi karakter berbasis lingkungan sekitar dengan baik.
Kata Kunci: Ilustrasi, Karakter, Lingkungan sekitar
Abstract
The application of illustration learning in the basic competence of drawing illustrations using manual or digital techniques for class VIII SMPN 14 Gresik is less creative, less varied, and students are not allowed to explore their ideas. The purpose of this research is to apply learning to draw environment-based character illustrations and to describe the results of environmental-based illustration learning that has been carried out by students of SMPN 14 Gresik. Learning to draw illustrations based on the environment is needed by students to stimulate students' imagination in drawing illustrations by observing the surrounding environment and developing ideas and ideas into attractive and creative illustrative images. This study uses descriptive qualitative methods with data collection methods through observation, interviews, documentation, and questionnaires. The results of the study by applying environment-based illustration learning with 16 students of class VIII as many as 6 students or about 37.5% got very good scores, 6 students or 37.5% got good grades, 2 students or 12.5% got sufficient grades, and the remaining 2 students or about 12.5% need guidance. Thus based on these learning outcomes, learning to draw illustrations based on the environment has a very good impact on students, and students can practice and complete the work of drawing illustration characters based on the environment well.
Keywords: Illustration, Character, The Environment