PERANCANGAN VIDEO ANIMASI MENGHADAPI
BENCANA BANJIR UNTUK ANAK USIA 6-8 TAHUN
DESIGNING ANIMATED VIDEOS DEALING WITH
FLOOD DISASTER FOR CHILDREN AGED 6-8 YEARS
Bencana banjir sering terjadi di Indonesia dan berdampak signifikan pada anak-anak usia 6-8 tahun, yang cenderung memiliki pemahaman terbatas tentang mitigasi bencana. Metode perancangan video animasi dimulai dengan analisis masalah dan penelitian untuk mengumpulkan data terkait pemahaman anak-anak tentang banjir, respon mereka, dan cara penyampaian informasi yang efektif. Hasilnya menunjukkan bahwa video animasi interaktif dan visual meningkatkan pemahaman dan kesiapsiagaan anak-anak terhadap bencana banjir, menjadikannya alat edukasi yang efektif untuk mitigasi bencana.
Kata Kunci :
Video Animasi, Mitigasi Bencana, media interaktif, Banjir
Flood disasters occur frequently in Indonesia and have a significant impact on children aged 6-8 years, who tend to have limited understanding of disaster mitigation. The animation videos design method begins with problem analysis and research to collect data related to children's understanding of floods, their responses, and effective ways of conveying information. The results show that interactive and visual animation videos improve children's understanding and preparedness for flood disasters, making them an effective educational tool for disaster mitigation.
Key Words :
Animation Video, Disaster Mitigation, interactive media, Floods