Manajemen Kelas Atlet di SMA Laboratorium Percontohan UPI Bandung
Management of Athlete Classes at SMA Labschool UPI Bandung
Tujuan dari penelitian ini untuk mendiskripsikan mengenai perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi kelas atlet di SMA Laboratorium Percontohan UPI Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan studi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perencanaan kelas atlet melakukan beberapa langkah penting diantaranya penentuan tujuan, sekaligus menentukan keadaan/ kondisi riil yang ada saat ini dan mempersiapkan hal hal yang menunjang pembelajaran, (2) Pengorganisasian melibatkan seluruh pihak sesuai struktur organisasi sekolah dengan pembagian peran dan tanggung jawab dari masing-masing, (3) Pelaksanaan Pembelajaran dikelas dilakukan selama 3 jam dan platform quipper menjadi alternative pembelajaran ketika mengikuti kejuaraan, Sedangkan pembinaan atlet dilakukan menyesuaikan cabor dan pelatih masing masing di tempat, (4) Evaluasi akademik dilihat hasil dari rapor peserta didik serta sebagai bentuk pengawasan oleh Kemenpora untuk tindak lanjut perbaikan pembelajaranya.
Kata Kunci: Manajemen Kelas, Kelas Atlet, Laboratorium Sekolah
The purpose of this research is to describe the planning, organization, implementation and evaluation of athlete classes at the SMA Labschool UPI Bandung. This research uses a qualitative approach with a case study method. Data collection techniques were carried out using interviews, observation and documentation study. The results of this research show that (1) Planning for athlete classes takes several important steps including determining goals, as well as determining the real situation/conditions that exist at this time and preparing things that support learning, (2) Organizing involves all parties according to the school's organizational structure with division. the roles and responsibilities of each, (3) Implementation of learning in class is carried out for 3 hours and the Quipper platform becomes an alternative learning when taking part in the championship. Meanwhile, coaching for athletes is carried out according to the respective sport and coach in place, (4) Academic evaluation is seen from the students' report cards and as a form of supervision by the Ministry of Youth and Sports for follow-up learning improvements.
Keywords: Class Management, Athlete Class, Labschool