Penelitian ini bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran yang berorientasi strategi Question Student Have pada sub materi interaksi dalam ekosistem yang layak secara validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan analisis deskriptif kuantitatif. Kelayakan validitas ditinjau dari hasil validasi perangkat pembelajaran yang menunjukkan kriteria sangat baik. Kelayakan kepraktisan ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas peserta didik. Hasil analisis keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan kriteria sangat baik. Selanjutnya untuk kelayakan keefektifan ditinjau dari hasil belajar siswa dan respon siswa. Hasil belajar siswa aspek pengetahuan menunjukkan ketuntasan dengan kriteria sedang dan nilai skor Gain 0,65. Respon siswa memperoleh iswa memiliki respon positif terhadap perangkat pembelajaran dengan nilai rata-rata 97,9%.Sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran ini layak digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: perangkat pembelajaran, Question Student Have, interaksi dalam ekosistem
The aimed of this research is to produce learning materials based strategic Question Student Have in sub materials interaction in ecosystems that worthy of validity, practicality, and effectively. The method of this research used Research and Development (R&D) with quantitative descriptive analysis. The feasibility of validity is reviewed from the results of validate learning materials that showed very good criteria. The feasibility of practicality is reviewed from the implementation of learning and student questioning skills. Analysis of the implementation of learning showed very good criteria. Futhermore, the feasibility of effectively is reviewed from student learning outcomes that can be said complete with being criteria and gain score 0,65. So, all student learning outcomes can be said to be complete. The results of student response analysis obtained an average of 97,9%. So, it can be concluded that this learning materials terms to used and it can improve student learning outcomes.
Keyword: learning materials, Question Student Have, interaction in ecosystems.