PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATERI SUMBER ENERGI PADA MATA PELAJARAN TEMATIK KELAS IV SDN 6 BABADAN NGANJUK
DEVELOPMENT OF ENERGY RESOURCES MATERIAL LEARNING VIDEOS IN CLASS IV THEMATIC SUBJECTS OF SDN 6 BABADAN NGANJUK
Penelitian dan pengembangan ini dilakukan untuk menghasilkan kelayakan dan keefektifan Video pembelajaran materi sumber energi pada mata pelajaran tematik kelas IV SDN 6 BABADAN Nganjuk.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian Research & Development menggunakan model ADDIE dengan 5 tahapan pengembangan meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan tes. Sedangkan teknik analisis data kelayakan media menggunakan data yang didapatkan dari angket melalui subjek uji coba, meliputi ahli materi, ahli media dan teknik analisis data keefektifan media pembelajaran menggunakan uji-T. Desain penelitian ini menggunakan one group pretest-posttest design dengan sasaran penelitian yaitu peserta didik kelas IV SDN 6 BABADAN Nganjuk yang berjumlah 6 peserta didik.
Berdasarkan validasi materi diperoleh hasil sebesar 90% dan validasi media sebesar 60%. Kemudian hasil uji coba pengguna pada perorangan diperoleh hasil sebesar 82%, pada kelompok kecil sebesar 81% dan pada kelompok besar sebesar 80%. Sementara itu hasil perhitungan uji t diperoleh yang menunjukkan bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel yaitu 59,926 > 2,776. Sehingga dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran efektif digunakan untuk mata pelajaran tematik materi sumber energi kelas IV di SDN 6 BABADAN Nganjuk.
This research and development was carried out to produce the feasibility and effectiveness of learning videos on energy sources in the thematic subjects of class IV SDN 6 BABADAN Nganjuk.
The research method used is the Research & Development research method using the ADDIE model with 5 stages of development including analysis, design, development, implementation, and evaluation. Data collection techniques in this study were questionnaires and tests. While the feasibility data analysis technique of the media uses data obtained from questionnaires through trial subjects, including material experts, media experts and data analysis techniques for the effectiveness of learning media using the T-test. The design of this study used a one group pretest-posttest design with the research target being class IV students at SDN 6 BABADAN Nganjuk, totaling 6 students.
Based on material validation, the results obtained were 90% and media validation was 60%. Then the results of user trials on individuals obtained results of 82%, in small groups by 81% and in large groups by 80%. Meanwhile, the t-test calculation results were obtained which showed that the t-count was greater than the t-table, namely 59.926 > 2.776. So it can be concluded that learning videos are effectively used for thematic subjects on energy sources for class IV at SDN 6 BABADAN Nganjuk.