Strategi Rebranding Trimurti Senior High School dalam Meningkatkan Citra Sekolah Modern
Rebranding Strategy of Trimurti Senior High School to Improve the Image of Modern School
Dengan adanya perubahan zaman dan karakteristik peserta didik generasi Z, sekolah perlu berinovasi menjawab tantangan zaman di era modern seperti sekarang. Oleh karena itu SMA Trimurti melakukan rebranding menjadi Trimurti Senior High School untuk meningkatkan citra baru sebagai sekolah yang lebih modern. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi rebranding yang dilakukan Trimurti dalam meningkatkan citra sekolah modern. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Data diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah Trimurti Senior High School telah melakukan rebranding secara totalitas sesuai dengan empat tahap, yaitu repositioning, renaming, redesign dan relaunching. Dalam melakukan rebranding keempat tahapan tersebut saling berkesinambungan dan mendukung satu sama lain untuk menciptakan citra baru yang diinginkan brand. Penerapan keempat tahap rebranding tersebut antara lain: menghadirkan program pembelajaran baru 5D Learning Method yang memanfaatkan teknologi digital, adanya kelas internasional ASUPD yang bekerja sama dengan Arizona State University, perubahan pada nama sekolah ke dalam Bahasa Inggris, perubahan visual secara keseluruhan dengan konsep desain yang modern dan minimalis, peresmian kembali brand dengan mengadakan acara besar, hingga strategi promosi melalui media sosial dan open house.
Kata Kunci: Rebranding, Citra, Modern, Trimurti
With the changing of era and the characteristics of students as a generation Z, schools need to innovate to answer the challenges of the modern era like now. Therefore SMA Trimurti is doing rebranding into the Trimurti Senior High School to improve the new image of a modern school. The purpose of this study was to find out how Trimurti's rebranding strategy was to improve the image of a modern school. This research is a qualitative research using case study method. Data obtained from interviews, observations and documentation. The results of this study are Trimurti Senior High School has carried out a total rebranding in accordance with four stages, which is repositioning, renaming, redesign and relaunching. In rebranding, that four stages are mutually related and support each other in creating a new image that the brand wants. The implementation of the four stages of rebranding include: presenting a new 5D Learning Method program that utilizes digital technology, presenting ASUPD international classes in collaboration with Arizona State University, changing the name of the school to English, a complete visual change with modern and minimalist design concepts, relaunching by holding big events, and promotional strategies through social media and open house.
Keywords: Rebranding, Image, Modern, Trimurti