Matematika merupakan mata pelajaran yang banyak menggunakan simbol. Simbol merupakan bagian objek matematika, sehingga mengetahui cara pandang siswa mengenai objek matematika diperlukan dalam pembelajaran matematika. Salah satu pendekatan yang memperhatikan objek matematika yaitu pendekatan onto-semiotic. Pendekatan onto-semiotic merupakan cara pandang seseorang dalam memecahkan masalah matematika dengan menguraikan objek-objek matematika. Objek matematika pada penelitian ini yaitu bahasa, konsep, proposisi, prosedur, argumen. Untuk menelaah cara pandang siswa berdasarkan objek matematika salah satunya melalui pemecahan masalah matematika. Hal ini dikarenakan pendekatan onto-semiotic merupakan ontologi objek matematika yang meliputi aspek kegiatan pemecahan masalah. Kemampuan setiap siswa dalam pemecahan masalah berbeda-beda. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematika yaitu kemampuan matematika. Semakin tinggi tingkat kemampuan matematika siswa semakin menentukan keberhasilan memecahkan masalah-masalah matematika. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan pendekatan onto-semiotic siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari kemampuan matematika. Teknik pengumpulan data dengan TKM, TPM, dan wawancara. Subjek penelitian yaitu tiga siswa kelas VIII-A SMPN 2 Tapen tahun ajaran 2018/2019.
Hasil penelitian menunjukkan pendekatan onto-semiotic siswa dengan kemampuan matematika tinggi dalam pemecahan masalah matematika dilihat dari aspek bahasa, siswa menyebutkan 3 dari 6 istilah, menyebutkan simbol dan gambar yang digunakan pada pemecahan masalah. Dari aspek konsep, siswa mendefinisikan konsep dan memberikan contoh dan non contoh soal dari konsep yang digunakan. Dari aspek proposisi, siswa membuat pernyataan berdasarkan gambar, definisi konsep, dan yang diketahui di soal. Dari aspek prosedur, siswa menjelaskan langkah-langkah yang digunakan untuk menyelesaikan tes pemecahan masalah dengan jelas. Dari aspek argumen, siswa memberikan alasan setiap jawabannya dengan jelas. Pendekatan onto-semiotic siswa dengan kemampuan matematika sedang dalam pemecahan masalah matematika dilihat dari aspek bahasa, siswa menyebutkan 5 dari 6 istilah, menyebutkan simbol dan gambar yang digunakan pada pemecahan masalah. Dari aspek konsep, siswa dapat mendefinisikan konsep namun tidak dapat memberikan contoh dan non contoh soal dari konsep yang digunakan. Dari aspek proposisi, siswa membuat pernyataan berdasarkan gambar dan definisi konsep. Dari aspek prosedur, siswa menjelaskan langkah-langkah yang digunakan untuk menyelesaikan tes pemecahan masalah dengan singkat namun penyelesaiannya belum menjawab pertanyaan pada soal. Dari aspek argumen, siswa memberikan alasan setiap jawabannya dengan jelas. Pendekatan onto-semiotic siswa dengan kemampuan matematika rendah dalam pemecahan masalah matematika dilihat dari aspek bahasa, siswa menyebutkan 5 dari 6 istilah namun tidak menyebutkan semua simbol dan gambar. Dari aspek konsep, siswa dapat mendefinisikan konsep dengan benar namun tidak dapat memberikan contoh dan non contoh soal dari konsep yang digunakan. Dari aspek proposisi, siswa membuat pernyataan berdasarkan berdasarkan rumus dan yang diketahui di soal. Dari aspek prosedur, siswa menjelaskan langkah-langkah yang digunakan untuk menyelesaikan tes pemecahan masalah dengan singkat namun penyelesaiannya sama sekali tidak menjawab pertanyaan pada soal. Dan dari aspek argumen, siswa dengan kemampuan matematika rendah memberikan alasan setiap jawabannya dengan logis dan jelas.
Kata Kunci: Pendekatan Onto-semiotic, Objek Matematika, Kemampuan matematika.
Mathematics is a subject that uses a lot of symbols. Symbols are part of mathematical objects, thus knowing student's perspective of mathematical objects is needed in the process of learning mathematics. One of the approaches that pays attention to mathematical objects is the onto-semiotic approach. The onto-semiotic approach is a person's perspective in the process of solving mathematical problems by decoding the mathematical objects. The object of mathematics in this study are language, concepts, propositions, procedures, and arguments. Examining the extent of students' perspective of mathematical objects is through solving mathematical problems. Since the onto-semiotic approach is an ontology of mathematical objects which includes aspects of problem solving activities. The ability of each student in solving problems is different. One of the factors that influence the ability to solve mathematical problems is mathematical ability. The higher the level of mathematical ability of the students determines the higher success in solving mathematical problems. This research is a qualitative descriptive research which aims to describe students' understanding based on the onto-semiotic approach in solving mathematical problems reviewed based on the mathematical ability. Data collection techniques used are TKM, TPM, and interviews. The research subjects were three students of class VIII-A 2 Tapen Public High School 2018/2019.
The results showed the onto-semiotic approach of students with high mathematical abilities in mathematical problem solving viewed from aspects of language, students mentioned 3 of 6 terms, mentioning symbols and images used in problem solving. From aspects of concept, students define concepts and provide examples and non examples of the concepts used. From aspects of proposition, students make statements based on images, concept definitions, and what is known in the question. From aspects of procedure, students explain the steps used to complete the problem solving test clearly. From aspects of argument, students give reasons for each answer clearly. The onto-semiotic approach of students with moderate mathematical abilities in mathematical problem solving is seen from aspects of language, students mention 5 of 6 terms, mentioning symbols and images used in problem solving. From aspects of concept, students can define concepts but cannot give examples and non examples of the concepts used. From aspects of proposition, students make statements based on images and concept definitions. From aspects of procedure, students explain the steps used to complete the problem solving test briefly but the solution has not answered the questions on the question. From aspects of argument, students give reasons for each answer clearly. The onto-semiotic approach of students with low mathematical abilities in mathematical problem solving seen from aspects of language, students mention 5 of 6 terms but do not mention all symbols and images. From concepts of aspect, students can define concepts correctly but cannot provide examples and non examples of the concepts used. From aspects of proposition, students make a statement based on the formula and what is known in the question. From aspects of procedure, students explain the steps used to complete the problem solving test briefly but the solution does not answer the question at all. And from aspects of argument, students with low mathematical abilities give reasons for each answer logically and clearly.