SUBJEKTIVITAS TOKOH UTAMA DALAM FILM GET OUT KARYA JORDAN PEELE: KAJIAN TEORI SUBJEK SLAVOJ ZIZEK
THE SUBJECTIVITY OF THE MAIN CHARACTER IN JORDAN PEELE'S GET OUT FILM: A STUDY OF SLAVOJ ZIZEK'S SUBJECT THEORY
Penelitian ini menjelaskan tentang subjektivitas tokoh utama dalam film Get out. Penjelasan mengenai subjektivitas Chris sebagai tokoh utama bertujuan memahami bagaimana tokoh tersebut menghadapi realitas simboliknya. Dalam menjelaskan subjektivitas yang telah dirumuskan oleh Slavoj Zizek, subjek pada dasarnya kosong. Subjek yang mengetahui kekosongannya tersebut tidak mungkin dapat dipenuhi. Subjek akan melakukan proses untuk memenuhi kekosongannya, sehingga subjek menjadi otentik ketika ia berada pada wilayah rill, sebuah wilayah yang tak tersimbolkan. Untuk mendapatkan hasil yang objektif, penelitian ini menggunakan metode yang dalam pemilihannya disesuaikan dengan objek yaitu metode penelitian kualitatif. Bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui tindakan radikal pada subjektivitas dalam tokoh utama. Data yang dikumpulkan dari objek penelitian ini yaitu dengan observasi atau pengamatan langsung menonton film dan teknik pustaka bertujuan untuk mengumpulkan fakta empirik dan mengumpulkan data dari berbagai sumber artikel, buku dsb. Hasil penelitian Chris sebagai tokoh utama berhasil merobohkan yang simbolik dari dirinya. Ia tidak memikirkan tentang siapa kulit hitam dan siapa kulit putih. Chris membunuh satu-persatu anggota keluarga Armitage. Tindakan radikal yang dilakukan Chris adalah kemuakan antara kepalsuan keluarga Armitage kepadanya. Sehingga apa yang dilakukan Chris termasuk dalam tindakan otentik sebuah momen yang menandakan adanya kekosongan diri tanpa ada konstruksi simbolik, moralitas, maksud, tanpa rencana yang memengaruhinya. Kata kunci: Subjektivitas, Tindakan Radikal, Film, Slavoj Zizek, Momen Kekosongan.
This research explains the subjectivity of the main character in the film Get out. The explanation of Chris' subjectivity as the main character aims to understand how the character faces his symbolic reality. In explaining the subjectivity that Slavoj Zizek has formulated, the subject is essentially blank. The subject who knows the emptiness is impossible to fulfill. The subject will perform a process to fill its emptiness, so that the subject becomes authentic when he or she is in the rill region, an un symbolized territory. To get objective results, this study uses methods that in their selection are adapted to the object, namely qualitative research methods. It aims to describe and know radical actions on the subjectivity in the main character. Data collected from the object of this research is by observation or direct observation of watching movies and library techniques aim to collect empirical facts and collect data from various sources of articles, books etc. The results of Chris' research as the main character managed to knock down the symbolic one from him. He doesn't think about who's black and who's white. Chris kills one by one members of the Armitage family. Chris' radical actions are a resusedness between the Armitage family's falsehoods to him. So what Chris does is included in the authentic act of a moment that signifies a vacuum of self without any symbolic construction, morality, intent, no plan that influences it. Keywords: Subjectivity, Radical Action, Film, Slavoj Zizek, Moment of Emptiness.