Model pembelajaran langsung dirancang
khusus untuk menunjang proses belajar siswa yang berkaitan dengan pengetahuan
deklaratif dan pengetahuan prosedural sehingga membantu siswa mempelajari
keterampilan dasar. Tujuan penelitian ini: 1) mengetahui keterlaksanaan sintaks
model pembelajaran langsung dengan media video, 2) mengetahui aktivitas siswa,
3) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, dan 4) mengetahui respon siswa
pada penerapan model pembelajaran langsung dengan media video pada kompetensi
dasar perawatan kulit kepala dan rambut di SMKN 2 Jombang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan
subyek siswa kelas X Kecantikan 2 SMK Negeri 2 Jombang sebanyak 27 siswa.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes hasil belajar dan
angket.
Hasil penelitian pada menunjukkan: 1) keterlaksanaan
sintaks model pembelajaran langsung dengan media video mendapatkan nilai
rata-rata 35,67 (sangat baik), 2) aktivitas siswa pada siklus I mendapatkan
nilai rata-rata keseluruhan sebesar 89% (sangat baik) dan pada siklus II
mendapatkan 97% (sangat baik), 3) hasil belajar siswa pada siklus I terdapat
siswa yang tidak tuntas sebanyak 11 siswa dengan nilai rata-rata 76,2 dan pada
siklus II memiliki nilai rata-rata 81,6 dengan ketuntasan 100%, 4) respon siswa
mendapat presentase sebesar 90% (sangat baik).
Berdasarkan hasil penelitian tersebut,
terjadi peningkatan pada aktivitas siswa
dari siklus I ke siklus II meningkat 8%, dan hasil belajar siswa sebesar
5,4.
Kata kunci: penerapan
model pembelajaran langsung, media video.