Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan mobile learning berbasis
aplikasi android yang layak dan
efektif pada materi unsur tata letak mata pelajaran dasar desain grafis untuk
kelas X jurusan Multimedia di SMK Muhammadiyah 2 Taman Sidoarjo. Model
pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate ) oleh Branch. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dan tes. Instrumen angket
terbuka digunakan untuk validasi ahli desain pembelajaran, ahli materi, dan
ahli media. Kemudian tes dan angket tertutup digunakan untuk kelas X jurusan
multimedia di SMK Muhammadiyah 2 Taman Sidoarjo.
Berdasarkan analisis data angket dengan menggunakan teknis analisis data P=f/Nx100 , hasil uji kelayakan mobile learning pada ahli desain pembelajaran, dan ahli materi
mendapat presentase 100%, sedangkan ahli media mendapatkan presentase 92,86%.
Untuk uji coba perorangan mendapatkan presentase 95,24%, uji coba kelompok
kecil 93,62%, dan uji coba kelompok besar 90,84%. Dari presentase hasil
tersebut mobile learning termasuk
kategori “Baik Sekali”, dan layak digunakan dalam pembelajaran. Kemudian untuk analisis
data tes, terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest sebelum menggunakan media dan posttest setelah menggunakan media. Berdasarkan hasil dari Uji T
dengan taraf signifikan 5% diperoleh thitung lebih besar dari ttabel yaitu
11,598 > 2,069. Sehingga dapat disimpulkan bahwa mobile learning berbasis aplikasi android efektif untuk digunakan
pada materi unsur tata letak mata pelajaran dasar desain grafis untuk kelas X
jurusan Multimedia di SMK Muhammadiyah 2 Taman Sidoarjo.
Kata Kunci : Pengembangan,
mobile learning, unsur tata letak,
dasar desain grafis.