Peningkatan Motivasi, Berpikir Kritis, dan Kompetensi Mahasiswa Teknik Elektro Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Menggunakan Perangkat Uji Kompetensi Otomasi Instalasi Listrik
Increasing Motivation, Critical Thinking, and Competence of Electrical Engineering Students Through Project-Based Learning Using The Test Device of Electrical Installation Automation Competence
Inovasi pembelajaran pendidikan vokasi bidang Teknik Elektro terus dikembangkan dalam meningkatkan capaian pembelajaran (outcames learning) mahasiswa Teknik Elektro. Penggunaan perangkat uji kompetensi Otomasi Instalasi Listrik dalam model pembelajaran berbasis proyek yang berorientasi kebutuhan industri merupakan bagian penting dalam meningkatkan motivasi, berpikir kritis dan kompetensi mahasiswa Teknik Elektro. Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) merupakan model pembelajaran yang bermakna akan berguna bagi peserta didik dan pendidik dalam menciptakan budaya kelas yang dapat menumbuhkan semacam kecenderungan, kepekaan, dan kemampuan untuk menjangkau lebih jauh dan fleksibel dalam membangun keterampilan secara nyata. Tujuan penelitian ini: (1) Mengetahui peningkatan motivasi belajar mahasiswa Teknik Elektro melalui pembelajaran berbasis proyek menggunakan perangkat uji kompetensi Otomasi Instalasi Listrik, (2) Mengetahui peningkatan berpikir kritis mahasiswa Teknik Elektro melalui pembelajaran berbasis proyek menggunakan perangkat uji kompetensi Otomasi Instalasi Listrik; (3) Mengetahui peningkatan kompetensi mahasiswa Teknik Elektro melalui pembelajaran berbasis proyek menggunakan perangkat uji kompetensi Otomasi Instalasi Listrik; (4) Menemukan pengaruh hubungan motivasi belajar terhadap kompetensi mahasiswa Teknik Elektro melalui pembelajaran berbasis proyek menggunakan perangkat uji kompetensi Otomasi Instalasi Listrik; (5) Menemukan pengaruh hubungan berpikir kritis terhadap kompetensi mahasiswa Teknik Elektro melalui pembelajaran berbasis proyek menggunakan perangkat uji kompetensi Otomasi Instalasi Listrik; (6) Menemukan pengaruh hubungan motivasi dan berpikir kritis terhadap kompetensi mahasiswa Teknik Elektro melalui pembelajaran berbasis proyek menggunakan perangkat uji kompetensi Otomasi Instalasi Listrik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian eksperimen dan penelitian eksplanatori. Sampel penelitian adalah 302 mahasiswa Teknik Elektro konsentrasi Teknik Tenaga Listrik dari 5 perguruan tinggi. Teknik pengumpulan data melalui tes dan kuesioner. Teknik analisis untuk mengukur peningkatan hasil pembelajaran menggunakan analisis statistik uji-Wilcoxon berbantuan software SPSS-23, sedang teknik analisis uji statistik terkait kesesuaian antar varibel menggunakan analisis SEM-PLS dengan bantuan program SmartPLS-3. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran berbasis proyek menggunakan perangkat uji kompetensi Otomasi Instalasi Listrik dapat meningkatkan motivasi, berpikir kritis, dan kompetensi mahasiswa Teknik Elektro. Hal ini ditunjukkan hasil uji Wilcoxon dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) bernilai 0.000 < 0.05, artinya ada peningkatan kualitas pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis, motivasi maupun kompetensi mahasiswa Teknik Elektro dengan mengimplementasikan Training kit dalam pembelajaran berbasis proyek. Hasil uji analisis statistik menggunakan SEM-PLS diperoleh nilai R-Square (reliabilitas indikator) kompetensi bernilai positif sebesar 0.961 atau 96% memiliki predictive relevance, artinya motivasi dan berpikir kritis berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi mahasiswa Teknik Elektro. Berdasarkan hasil analisis dan uji secara empirik, penelitian ini dapat memberikan kontribusi pada pengembangan model pembelajaran berbasis proyek menggunakan media pembelajaran yang terintegrasi dalam kurikulum. Disamping itu, kombinasi pembelajaran ini dapat dijadikan solusi yang tepat dalam membantu pengajar meningkatkan hasil pembelajaran dalam mengimplementasikan CBE pada mahasiswa Teknik Elektro.
Innovations to Vocational education learning in the field of Electrical Engineering continue to be developed in improving learning outcomes for Electrical Engineering students. The use of the Electrical Installation Automation competency test device in a project-based learning model oriented to industrial needs is an important part in increasing the motivation, critical thinking, and competence of Electrical Engineering students. Project-Based Learning (PjBL) is a meaningful learning model that will be useful for students and educators in creating a classroom culture that can foster a kind of inclination, sensitivity, and ability to reach further and be flexible in building real skills. The purpose of this research: (1) Knowing the increase in learning motivation of Electrical Engineering students through project-based learning using the Electrical Installation Automation competency test device, (2) Knowing the improvement of critical thinking of Electrical Engineering students through project-based learning using the Electrical Installation Automation competency test device, (3) Knowing the increase in the competence of Electrical Engineering students through project-based learning using the Electrical Installation Automation competence test device, (4) Finding the effect of the relationship of learning motivation on the competence of Electrical Engineering students through project-based learning using the Electrical Installation Automation competence test device, (5) Finding the effect of the relationship of critical thinking on the competence of Electrical Engineering students through project-based learning using the Electrical Installation Automation competence test device, (6) Finding the effect of the relationship between motivation and critical thinking on the competence of Electrical Engineering students through project-based learning using the Electrical Installation Automation competence test device. This research is quantitative research with the approach of experimental research and explanatory research. The research sample was 302 students of Electrical Engineering with a concentration in Electrical Power Engineering from 5 universities. Data collection techniques through tests and questionnaires. The analytical technique to measure the increase in learning outcomes uses the Wilcoxon-test statistical analysis assisted by SPSS-23 software, while the statistical test analysis technique related to the suitability between variables uses SEM-PLS analysis with the help of the SmartPLS-3 program. The results showed that project-based learning using the Electrical Installation Automation competency test tool could increase motivation, critical thinking, and competence of Electrical Engineering students. This is indicated by the results of the Wilcoxon test with the Asymp value. Sig. (2-tailed) is 0.000 < 0.05, meaning that there is an increase in the quality of learning on critical thinking skills, motivation, and competence of Electrical Engineering students by implementing competency test tools in project-based learning. The results of the statistical analysis test using SEM-PLS obtained a positive R-Square (indicator reliability) value of 0.961 or 96% having predictive relevance, meaning that motivation and critical thinking have a positive and significant impact on the competence of Electrical Engineering students. Based on the results of empirical analysis and testing, this research can contribute to the development of project-based learning models using learning media that are integrated in the curriculum. In addition, this combination of learning can be used as the right solution in helping teachers improve learning outcomes in implementing CBE for Electrical Engineering students