ABSTRAK
Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery untuk Meningkatkan Keterampilan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik SMA
Nama : Diah Rahmawati
Nim : 15030184101
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Jurusan : Fisika
Fakultas : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing :Nadi Suprapto, Ph.D.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran guided discovery, dan mendeskripsikan keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik. Metode penelitian yang dipakai merupakan penelitian gabungan dengan desain one shot case study dengan metode observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran guided discovery hampir seluruh aktivitas terlaksana dari kedua kelas dengan rata-rata keterlaksanaan sebesar 89,13%. Dari ke-2 kelas tersebut keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik mengalami peningkatan berdasarkan hasil nilai pre-test dan post-test. Bahwa nilai pre-test pada kelas X MIPA 3 sebesar 31,61 dan nilai post-test sebesar 77,08 sedangkan pada kelas X MIPA 4 sebesar 33,88 dan besar nilai post-test yakni 75,69. Untuk mengetahui peningkatan keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik dilakukan pengukuran berdasarkan uji prasyarat salah satunya yakni uji n-gain ternormalisasi menunjukkan bahwa rata-rata nilai n-gain pada kelas X MIPA 3 sebesar 0,64 sedangkan pada kelas X MIPA 4 sebesar 0,63. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik dari kedua kelas tersebut mengalami peningkatan.
Kata kunci: guided discovery, keterampilan argumentasi ilmiah
ABSTRACT
Application of Guided Discovery Learning Model to Improve the Scientific Argumentation Skills of High School Students
Name : Diah Rahmawati
Study Program : S-1 Physics Education
Department : Physics
Faculty : Math and Science
Institution : Surabaya State University
Advisor : Nadi Suprapto, Ph.D.
This study aims to describe the implementation of guided discovery learning, and describe the students' scientific argumentation skills. The research method used is a combined study with a one shot case study design with observation, documentation, and test methods. The results showed that the implementation of guided discovery learning almost all activities carried out from both classes with an average of 89.13% implementation. From the 2 classes, the students' scientific argumentation skills have increased based on the results of the pre-test and post-test scores. That the pre-test value in class X MIPA 3 is 31.61 and the post-test value is 77.08 while in class X MIPA 4 is 33.88 and the post-test value is 75.69. To find out the increase in students' scientific argumentation skills, measurements were made based on the prerequisite test, one of which was the normalized n-gain test, showing that the average n-gain value in class X MIPA 3 was 0.64 while in class X MIPA 4 was 0.63. Therefore it can be said that the scientific argumentation skills of students from both classes have increased.
Keywords: guided discovery, scientific argumentation skill