Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Sigil pada Materi Komunikasi Efektif Kehumasan di SMKN 2 Buduran Sidoarjo
Development of Sigil Interactive Teaching Materials on Effective Public Relations Communication Materials at SMKN 2 Buduran Sidoarjo
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan, kelayakan, dan respon siswa terhadap bahan ajar interaktif Sigil pada Materi Komunikasi Efektif Kehumasan di SMKN 2 Buduran Sidoarjo. Model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE yang terdiri dari Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation), namun dalam penelitian ini peneliti hanya melakukan sampai pada tahap Pengembangan (Development) saja. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI OTKP 1 sebanyak 18 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli bahasa, lembar validasi ahli kegrafikan, dan angket respon siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar interaktif Sigil memperoleh skor rata-rata dari validator materi sebesar 97,1%, validator bahasa sebesar 94,2%, validator kegrafikan sebesar 95,8%, dan respon siswa sebesar 95,5%. Berdasarkan hasil tersebut, maka bahan ajar interaktif Sigil pada Materi Komunikasi Efektif Kehumasan di SMKN 2 Buduran Sidoarjo dapat dikatakan sangat layak dan dapat digunakan sebagai bahan ajar.
This study aims to analyze the development. Feasibility, and student responses to Sigil’s interactive teaching materials on Effective Communication of Public Relation Materials at SMKN 2 Buduran Sidoarjo. The development model used is ADDIE which consist of Analysis, Design. Development, Implementation, and Evaluation, but in this study the researchers only carried put to the Development stage. The research subjects were 18 students of class XI OTKP 1 as many as as 18 students. The research instrument used a material expert validation sheet, a linguist validation sheet, a graphic expert validation sheet, and a student responses questionnaire. The results of the study showed that Sigil’s interactive teaching materials obtained an average score of 97,1% for material validators, 94,2% for linguist validators, 95,8% for graphic validators, and 95,5% of student responses. Based on these results, Sigil’s interactive teaching materials on Effective Communication of Public Relations at SMKN 2 Buduran Sidoarjo can be said to be very feasible and can be used as teaching materials.