Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Jenjang Sekolah Dasar dan Menengah
Pendidikan memiliki peran yang strategis guna meningkatkan keunggulan suatu bangsa. Strategi kepala sekolah yang tepat akan membuat suatu perubahan kualitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan hasil penelitian terdahulu terkait dengan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Metode yang digunakan adalah studi literatur. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan artikel ilmiah yang relevan dengan topik penelitian terdiri dari 10 artikel ilmiah nasional dan 10 artikel ilmiah internasional. Analisis yang digunakan yaitu analisis isi. Dari analisis yang dilakukan peneliti, maka hasil temuan pada penelitian ini, sebagai berikut. 1) Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan, terdiri dari strategi pengembangan tenaga pendidik, strategi pembelajaran, strategi peningkatan prestasi akademik dan non akademik, strategi sarana dan prasarana, strategi pembiayaan, strategi hubungan masyarakat (humas), dan strategi pengawasan dan evaluasi. 2) Faktor pendukung implementasi strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. 3) Faktor penghambat implementasi strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. 4) Dampak strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan.
Education has a strategic role for increase the excellence of a nation. The right principal strategy will make a change in the quality of education. This study aims to map the results of previous studies related to the principal’s strategy in improving the quality of education. The method used is literature study. Data collection is done by collecting scientific articles that are relevant to the research topic, consist of 10 national scientific articles and 10 international scientific articles. The analysis used was content analysis. From the analysis conducted by the researcher, the findings in this study are as follows. 1) Principal strategies for improve the quality of education, consists of educator’s development strategies, , learning strategies, academic and non-academic achievement improvement strategies, facilities and infrastructure strategies, financing strategies, public relations strategies, and monitoring and evaluation strategies. 2) Supporting factors for the implementation of the principal's strategy in improving the quality of education. 3) Inhibiting factors in implementing the principal's strategy in improving the quality of education. 4) Impacts of the principal's strategy in improving the quality of education.