ARENA PRODUKSI KULTURAL DALAM NOVEL MULIH NDESA KARYA SURYADI WS.
(KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA)
THE ARENA OF CULTURAL PRODUCTION IN THE MULIH NDESA’S NOVEL BY SURYADI WS
(Study of Literature Sociology)
ABSTRAK
Nama : Susi Sulistyowati
NIM : 15020114012
Prodi/Jurusan : S-1/Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah
Fakultas : Bahasa dan Seni
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Surana, S.S., M.Hum.
Tahun : 2021
Arena prodhuksi kultural dalam Novel Mulih Ndesa karya Suryadi WS merupakan salah satu wujud fenomena sosial dari aspek teori sosiologi sastra Pierre Bourdioue yang terjadi dalam jalan hidup para tokoh Novel Mulih Ndesa. Dasar dari penelitian ini adalah fenomena-fenomena sosial yang dikemas dalam alur cerita Novel Mulih Ndesa. Tujuan penelitian ini, yaitu menjelaskan bagian dari wujud arena produksi kultural dalam Novel Mulih Ndesa. Manfaat teoritis dari penelitian ini yaitu bisa berguna bagi para pendukung perkembangan ilmu sosiologi sastra khususnya mengenai arena produksi kultural dalam Novel Mulih Ndesa. Sedangkan manfaat praktis dari penelitian ini adalah agar bisa menambah pengetahuan bagi pembelajaran sastra khususnya ilmu sosiologi sastra.
Penelitian ini menggunakan kajian ilmu sosiologi sastra. Teori yang digunakan adalah teori arena prodhuksi kultural yang dikemukakan oleh Pierre Bourdioue. Penelitian ini merupakan wujud penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang diteliti merupakan fenomena sosial yang terjadi pada setiap tokoh Novel Mulih Ndesa. Sedangkan objek peniltiannya adalah dhata yang mengandung aspek arena produksi kultural dalam Novel Mulih Ndesa. Teknik yang digunakan dalam proses pengumpulan data adalah teknik membaca, teknik mencatat, dan teknik dokumen. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisi dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui proses transkrip data dan klasifikasi data.
Hasil dari penelitian ini mengarah pada dua bentuk simpulan. Pertama, wujud arena produksi kultural dalam Novel Mulih Ndesa didasari oleh empat jenis sub-teori Pierre Bourdioue yaitu (1) habitus dalam Novel Mulih Ndesa, (2) arena dalam Novel Mulih Ndesa, (3) modal dalam Novel Mulih Ndesa, dan (4) praktik sosial dalam Novel Mulih Ndesa. Kedua, adanya empat subteori arena prodhuksi kultural dalam Novel Mulih Ndesa tersebut juga terbagi menjadi beberapa bagian, seperti sub-teori habitus yang terbagi menjadi tiga bagian, yaitu (1) habitus nalar tokoh, (2) habitus interaksi tokoh, dan (3) habitus taksonomi tokoh. Sedangan pada sub-teori arena terbagi menjadi dua bagian, yaitu (1) arena kultura, dan (2) arena pendidikan. Sub-teori modal terbagi menjadi empat bagian, yaitu (1) modal ekonomi, (2) modal sosial, (3) modal budaya, dan (4) modal simbolik. Dan yang terakhir sub-teori praktik sosial terbagi menjadi lima bagian berdasarkan jumlah tokoh Novel Mulih Ndesa yang mengalami fenomena sosial tersebut, yaitu (1) praktik sosial yang terjadi pada tokoh utama Sekarwangi, (2) praktik sosial yang terjadi pada tokoh pendukung Damarjati, (3) praktik sosial yang terjadi pada tokoh pendukung Marsanti, (4) praktik sosial yang terjadi pada tokoh pendukung Marta, dan (5) praktik sosial yang terjadi pada tokoh pendukung Bu Rusti dan Pak Pratama.
Kata kunci: arena produksi kultural, Novel Mulih Ndesa karya Suryadi WS, habitus, arena, modal, praktik sosial.
ABSTRACT
Name : Susi Sulistyowati
Major : S-1 Regional Leanguage and Literature Educatin (Java)
Faculty : Language and Art
Institution : Surabaya State University
Advisor : Dr. Surana, S.S., M.Hum.
Year : 2021
The arena of cultural production in Suryadi WS's Mulih Ndesa Novel is a form of social phenomenon from the sociological aspect of Pierre Bourdioue's theory of literature that occurs in the way of life of Novel Mulih Ndesa's characters. The basis of this research is social phenomena which are packaged in the story line of Novel Mulih Ndesa. The purpose of this research is to explain the part of the cultural production arena in Novel Mulih Ndesa. The theoretical benefit of this research is that it can be useful for supporters of the development of sociology of literature, especially regarding the arena of cultural production in Novel Mulih Ndesa. Meanwhile, the practical benefits of this research are to increase knowledge for literature learning, especially the sociology of literature.
This research uses the study of sociology of literature. The theory used is the culture production arena theory proposed by Pierre Bourdioue. This research is a form of qualitative descriptive research. The subject under study is a social phenomenon that occurs in every character of Novel Mulih Ndesa. While the object of research is data which contains aspects of the cultural production arena in Novel Mulih Ndesa. The techniques used in data processing are reading techniques, note techniques, and document techniques. The data that has been collected is then analyzed using qualitative descriptive methods through the process of data transcription and data classification.
The results of this study lead to two forms of conclusions. First, the form of the arena of cultural production in Novel Mulih Ndesa is based on four types of Pierre Bourdioue's sub-theory, namely (1) habitus in Novel Mulih Ndesa, (2) arena in Novel Mulih Ndesa, (3) capital in Novel Mulih Ndesa, and (4)) social practices in Novel Mulih Ndesa. Second, there are four sub-theories of the arena of cultural production in the Mulih Ndesa Novel which are also divided into several parts, such as the habitus sub-theory which is divided into three parts, namely (1) character's reasoning habitus, ( 2) character interaction habitus, and (3) habitus taxonomy of figures. Meanwhile, the arena sub-theory is divided into two parts, namely (1) the culture arena, and (2) the education arena. The sub-theory of capital is divided into four parts, namely (1) economic capital, (2) social capital, (3) cultural capital, and (4) symbolic capital. And the last sub-theory of social practice is divided into five parts based on the number of Novel Mulih Ndesa characters who experience these social phenomena, namely (1) social practices that occur in the main character Sekarwangi, (2) social practices that occur in Damarjati supporting figures, (3) social practices that occur in supporting figures of Marsanti, (4) social practices that occur in supporting figures of Marta, and (5) social practices that occur in supporting figures of Bu Rusti and Pak Pratama.
Keywords: the arena of cultural production, Novel Mulih Ndesa by Suryadi WS, habitus, arena, capital, social practice.