ABSTRAK
Oleh :
Tutut Alawiyah
Pertumbuhan lalu lintas jalan tol dari tahun ke tahun memiliki peningkatan yang cukup besar sehingga mengakibatkan antrian yang cukup panjang pada gerbang tol untuk memasuki jalan tol ini terutama pada jam–jam sibuk jam berangkat kerja, makan siang dan pulang kerja seperti pada gerbang tol kota satelit. Antrian pada gerbang tol Kota Satelit ini disebabkan adanya arus kedatangan dan keberangkatan pada jam tertentu yang bersamaan dengan tingkat pelayanan yang rendah menjadikan adanya antrial pada gerbang tol. Perlu dilakuakan penelitihan untuk melihat kapasitas dan tingkat kinerja gerbang tol Kota Satelit apakah masih memadai untuk melayani pemakainya atau melihat kemampuan pelayanan gerbang tol tersebut.
Metode antrian FIFO digunakan pada gerbang tol Kota Satelit. Metode ini digunakan untuk menganalisa tingkat kedatngan, tingkat pelayanan, panjang antrian dan waktu menunggu rata-rata yang terjadi. Dari hasil survey didapatkan waktu pelayanan rata-rata 7 detik/kendaraan.
Dari analisa kedatangan gerbang tol Kota Satelit dengan kedatangan tertinggi jam sibuk pagi hari pada gardu GTO 1 berjumlah 273 Kendaraan/jam. Sedangkan dari analisa antrian rata-rata pada gerbang tol Kota Satelit hanya ada 1 antrian kendaraan. Sedangkan waktu menunggu rata-rata terlama pada gerbang tol Kota Satelit adalah 9 detik/kendaraan.
Kata Kunci: Waktu Pelayanan, Antrian, Waktu menunggu, Kapasitas Gerbang Tol.
ABSTRACT
By :
The growth of toll road traffic from year to year to year has a considerable increase that resulted in a long enough queue on the toll gates to enter this toll road especially during the peak hours, lunch and when people go home just like Kota Satelit toll gates. The queue at the Kota Satelit's toll gates is due to the arrival and departure flows at certain hours in conjunction with the low level of service making the antrial a toll gate. It is necessary to be able to see the capacity and performance level of the Kota satelit toll gate whether it is still adequate to serve the wearer or to see the ability of the toll gate service.
The FIFO queue method is used at Kota satelit toll gates. This method is used to analyze the level of flatrate, service level, length of queue and the average waiting time that occurred. From the results of the survey obtained the average service time 7 seconds/vehicle.
From the arrival analysis of the Kota Satelit toll gates with the highest arrival of morning rush hour on the substation GTO 1 amounted to 273 vehicles/hour. As for the average queue analysis at the City satellite toll gate There is only 1 vehicle queue. Meanwhile, the longest average waiting time on the city satellite toll gate is 9 seconds/vehicle.
Keywords: Time service, Gueue, Waiting time, The capacity of the toll gade.