STRATEGI HUMAS DALAM MENINGKATKAN CITRA SEKOLAH DI ERA PANDEMI COVID 19
STRATEGY OF PUBLIC RELATIONS IN IMPROVING IMAGE SCHOOLS IN THE ERA OF PANDEMIC COVID 19
Pandemi covid 19 saat ini berdampak besar dalam segala bidang salah satunya pada bidang pendidikan. Pada bidang pendidikan kebijakan yang telah dilakukan adalah penerapan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau pembelajaran daring. Dengan adanya kondisi tersebut perlu adanya strategi baru yang harus dilakukan oleh sekolah yaitu menciptakan citra atau membangun kepercayaan orang tua agar anaknya tetap bisa memperoleh pendidikan yang bagus dan berkualitas meskipun adanya pembelajaran secara daring dan penerapan sosial distancing. Penerapan sosial distancing merupakan mengurangi pembatasan kontak fisik antara sesama manusia namun tidak mengurangi kegiatan bersosial tanpa bertatap muka. Dalam hal tersebut peran humas dibutuhkan untuk menjalin komunikasi baik antara sekolah dengan masyarakat tanpa menggunakan kontak fisik. Artikel ini menggunakan metode studi literatur dengan jenis kajian pustaka yang menggunakan sumber 11 artikel nasional dan 10 artikel internasional. Dari hasil telaah jurnal dan buku di temukan bahwa strategi humas yang dibutuhkan dengan pemanfaatan media sosial yang sangat dibutuhkan untuk mempromosikan atau meningkatkan citra sekolah dan kepercayaan masyarakat dalam era pendemi covid 19.
Kata kunci: Humas, Citra Sekolah, Pandemi Covid 19.
The current covid 19 pandemic has a major impact in all fields, one of which is in the field of education. In the field of education, policies that have been carried out are the application of distance learning (PJJ) or online learning. With these conditions, it is necessary to have a new strategy that must be carried out by schools, namely creating an image or building the trust of parents so that their children can still get a good and quality education despite online learning and the application of social distancing. The application of social distancing is to reduce restrictions on physical contact between humans but does not reduce social activities without meeting face to face. In this case, the role of public relations is needed to establish good communication between schools and the community without using physical contact. This article uses a literature study method with the type of literature review using 10 national articles and 10 international articles. From the results of a review of journals and books, it was found that the public relations strategy needed by the use of social media is very much needed to promote or improve the image of schools and public trust in the era of the COVID-19 pandemic.
Keywords : Public Relations, School Image, and Covid Pandemic 19.