THE USE OF “FIND THE DIFFERENCE GAME” TO ENHANCE STUDENTS SPEAKING ABILITY
Salah satu strategi yang mungkin digunakan guru untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa adalah strategi mendeskripsikan gambar. Salah satu kemampuan yang menurut siswa sulit untuk dikuasai adalah kemampuan berbicara dikarenakan beberapa masalah. Penelitian ini meneliti apakah "Find the Difference Game" membantu siswa kelas 7 di sekolah islam menengah pertama berbicara lebih lancer dalam Bahasa inggris. Peserta penelitian ini adalah siswa kelas tujuh SMP Islam di Kota Pasuruan. Pada penelitian ini, pre-test dan post-test digunakan untuk memperoleh data. Tes Wilcoxon digunakan untuk menganalisis data yang dikumpulkan. Temuan utama dari penelitian ini adalah skor rata-rata pada pre-test dan post-test yang dicapai oleh siswa dalam kelompok eksperimen dan kontrol. Skor pre-test kelompok eksperimen adalah 30,83, sedangkan skor post-test mereka adalah 50,63. Skor pre- dan post-test kelompok kontrol masing-masing adalah 30,62 dan 46,46. Uji Wilcoxon digunakan untuk mengevaluasi hipotesis dalam penelitian ini karena uji normalitas menunjukkan bahwa data tidak terdistribusi normal. Asymp adalah hasil tes Wilcoxon. Skor untuk Sig (2-tailed) adalah 0,000. Karena 0,000 kurang dari 0,05, dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian diterima. Akibatnya, hipotesis H0 dibantah dan H1 disetujui. Akhirnya disimpulkan dengan jelas bahwa menggunakan "Find the Difference Game" untuk mendeskripsikan gambar dapat membantu siswa menjadi pembicara yang lebih fasih.
One of the strategies that teachers might employ to enhance student speaking abilities is the describing picture strategy. One of the things that young students find challenging to master is speaking ability due to a few issues. This study examines if the "Find the Difference Game" helps 7th learners at an Islamic junior high school speak more fluently. The participants in this research are seventh-grade students at the Islamic Junior High School of Pasuruan. In this study, the pre-test and post-test are used to obtain data. The Wilcoxon test was used to analyze the collected data. The primary finding of the study was the mean score on pre- and posttests attained by students in the experimental and control groups. The experimental group's pre-test score was 30,83, while their posttest score was 50,63. The control group's pre- and post-test scores are 30,62 and 46,46, respectively. The Wilcoxon test was used to evaluate the hypothesis in this study because the normality test indicated that the data were not normally distributed. Asymp is the Wilcoxon test outcome. The score for Sig (2-tailed) is 0,000. Since 0,000 is less than 0,05, it can be deduced that the study's hypothesis is accepted. As a result, hypotheses H0 was disproved and H1 was approved. As a result, it is clear that engaging the "Find the Difference Game" to describe pictures might help students become more fluent speakers.