Pengaruh Metode Audio Lingual Terhadap Pengajaran Keterampilan berbicara di Kursus Bahasa Inggris
The Effect of Audio-Lingual Method On The Teaching of Speaking Skills in A private English Course
Abstrak:
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektifan metode audio-lingual dalam pengajaran berbicara bahasa Inggris di kursus bahasa Inggris Pare. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan Pretest-Posttest One-Group Design. Hasil analisis data nilai pretest dan posttest menggunakan uji-t yang diperoleh dari rata-rata nilai pretes 62,2 dan rata-rata nilai postes 80,13. Dengan jumlah sampel adalah N = 15, diperoleh t-hitung = 6,881 dengan taraf signifikansi 5% sebesar 2,048. Sehingga dapat disimpulkan bahwa t-hitung = 5,676 > t-tabel = 2,048 maka hasil tersebut menunjukkan bahwa uji t berpengaruh signifikan. Dan kesimpulannya yaitu ada pengaruh dari metode audio-lingual. Saran yang dapat peneliti bagikan adalah guru harus selalu update, lebih kreatif dan inovatif dalam melaksanakan pembelajaran di kelas agar dapat meningkatkan keaktifan dan minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran. Seperti penerapan metode yang terintegrasi dalam teknologi hingga metode audiolingual, metode tersebut memiliki pola struktur yang menggunakan latihan berulang seperti latihan pola) sehingga dengan fitur praktis merupakan self-service.
Kata Kunci: Audio-lingual, kemampuan berbicara, pengajaran bahasa Inggris.
Abstract:
This study aimed to determine the effectiveness of the audio-lingual method on teaching speaking English in the English course Pare. This type of research is quantitative research using the Pretest-Posttest One-Group Design. The results of the analysis of the pretest and posttest learning outcomes data with the t-test were obtained with an average pretest score of 62.2 and an average posttest score of 80.13. With N = 15, obtained tcount = 6.881 with a significant level of 5% of 2.035. Because tcount = 5.676 > ttable = 2.048 then this shows that the t-test has a significant effect. This shows that there is an effect of the audio-lingual method. The suggestion that researchers can convey is that teachers must always be updated, be more creative and innovative in carrying out classroom learning in order to increase the activeness and learning interest of students in participating in learning. Such as the application of methods that are integrated in technology to the audiolingual method, where itself has structural patterns that use repeated exercises such as pattern drills with practical features it is a self-service.
Keywords: Audio-lingual, speaking ability, teaching English.