PERANCANGAN DESAIN BALIHO KAMPANYE PASANGAN ERI - ARMUJI PADA PILKADA SURABAYA 2020
THE DESIGN OF ERI-ARMUJI'S CAMPAIGN BALIHO IN 2020 SURABAYA ELECTION
Pilkada Surabaya yang diselenggarakan pada tahun 2020 seperti biasa akan diwarnai persaingan antar partai dan para kandidat. Eri - Armuji adalah salah satu kandidat pasangan Walikota dan Wakil Walikota pada pemilihan kepala daerah Surabaya 2020 dengan memanfaatkan Baliho sebagai media kampanye yang masih menjadi pilihan baik untuk dipilih menjadi media utama mengingat akan daya cakupnya yang luas. Namun perlu akan adanya strategi khusus untuk menampilkan media kampanye berupa baliho untuk bisa memiliki daya tarik tersendiri dengan memperhatikan desain dan strategi persebarannya. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk dan menciptakan desain baliho kampanye yang menarik dengan memanfaatkan keilmuan desain komunikasi visual secara komprehensif dan menghasilkan desain yang sesuai dengan millenial sebagai target utama pasar. Desain baliho unik ini secara umum akan menggunakan basis vektor untuk menciptakan desain dengan tampilan solid dan cenderung kartunik serta beda dari yang lain. Perancangan ini menggunakan pendekatan metode kualitatif dengan analisis deskriptif, menggunakan metode perancangan Design Thinking. Hasil rancangan yang dihasilkan berupa media utama yaitu Baliho unik berbasis vektor yang ditampilkan di jalan Surabaya dan media sosial sebagai pendukung akan lebih mendekatkan dengan target audiens, serta media sekundernya antara lain masker, topi dan pin.
The Surabaya local election will be held in 2020 as usual there will be competition between parties and candidates. Eri - Armuji is one of the candidates for the Mayor and Deputy Mayor in the 2020 Surabaya regional head election who utilize billboards as a campaign medium which is still a good choice to be chosen as the main media considering its wide coverage. However there is a needs of a special strategy to present the campaign media in the form of billboards to have its own appeal by paying attention to the design and distribution strategy. The purpose of this design is to create attractive campaign billboards design by utilizing visual communication design science comprehensively and produce designs that are in accordance with millennials as the main target market. This unique billboard design generally uses a vector base to create a design with a solid appearance and tends to be cartoonic and different from others. This design uses a qualitative method approach with descriptive analysis, using the Design Thinking design method. The final results are in the form of main media, namely unique vector-based billboards displayed on the streets in Surabaya and social media as supporting media which is closer to the target audience, as well as secondary media including masks, hats, and pins.