Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk buku panduan menjahit untuk guru taman kanak-kanak yang layak untuk membantu guru dalam mengembangkan kemampuan motorik halus anak dalam hal menjahit. Metode pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analyze,Design, Development, Implement, and Evaluate). Model ini terdiri dari lima langkah yaitu : 1) Analisis,2) Perencanaan, 3) Pengembangan, 4) Pelaksanaan, 5) Evaluasi. Subjek penelitian ini adalah guru taman kanak-kanak di Sidoarjo. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara terstruktur dan angket. Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) buku panduan menjahit yang dikembangkan terbukti sangat valid dilihat dari aspek materi maupun media 2) hasil uji coba yang dilakukan secara kelompok besar/lapangan menunjukkan bahwa buku panduan menjahit dalam hasil yang sangat baik. Berdasarkan kedua analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa buku panduan menjahit yang dikembangkan layak digunakan bagi guru dalam pembelajaran menjahit untuk anak taman kanak-kanak. Analisis hasil hitungan lembar angket yang diperoleh dari ahli materi sebanyak 89,38%, melalui ahli media mendapatkan persentase sebanyak 100% hasil tersebut dikategorikan sangat valid sehingga layak digunakan dan siap dilaksanakan dilapangan untuk kegiatan pembelajaran menjahit. Berdasarkan hasil perhitungan angket dari 20 guru taman kanak-kanak di sidoarjo mendapatkan persentase 94,8% yang termasuk dalam kategori sangat valid dan layak digunakan sebagai bahan ajar guru taman kanak-kanak.
Kata kunci : pengembangan buku panduan menjahit, guru taman kanak-kanak
The purpose of this research is to produce sewing guide book product for kindergarten teacher which decent to help them in developing children’s fine motor skills in sewing. The development method used is ADDIE ((Analyze,Design, Development, Implement, and Evaluate). This model consists of five steps, namely: 1) Analysis, 2) Planning, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluation. The subject of this study was a kindergarten teacher in Sidoarjo. Data collection methods used are structured interview and questionnaire. The result of data analysis showed that 1) the sewing guidebook that is developed proved very valid in terms of both material and media aspects. 2) the results of the triasl conducted in the field  showed that the sewing guide book product had very good effect. Based on the two analyzes it can be concluded that the sewing guidebook developed is suitable for use by teachers in sewing learning for kindergarten children. The analysis of the questionnaire sheets result obtained from material expert was 89.38%, through media expert getting a percentage of 100% the results were categorized as very valid so, they were worthy of being used and ready to be carried out in the field for sewing learning activities. Based on the questionnaire calculation, 94,8% an included in very valid and is worthy of being used as teaching material for kindergarten teachers.
Key words: The Development of Sewing Guide Book, kindergarten teacher