ANALISIS PENGUKURAN KINERJA SEKOLAH DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD di SMA KRISTEN IPH 2 SURABAYA
SCHOOL PERFORMANCE MEASUREMENT ANALYSIS WITH BALANCED SCORECARD APPROACH at SMA KRISTEN IPH 2 SURABAYA
Penelitian ini bertujuan mengukur kinerja sekolah dengan pendekatan Balanced Scorecard. Dan sekolah yang menjadi tempat penelitian adalah SMA Kr. IPH 2. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan dengan mengukur kinerja SMA Kr. IPH 2 dari empat perspektif yaitu perspektif pelanggan, perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, perspektif keuangan dan perspektif bisnis internal. Untuk itu dibutuhkan data sebagai dasar pengukuran kinerja. Data primer yang berasal dari kuisioner dipergunakan untuk mengukur kinerja perspektif pelanggan yaitu siswa. Sedangkan data sekunder dipergunakan untuk mengukur kinerja perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, perspektif keuangan, dan perspektif bisnis internal.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja SMA Kr. IPH 2 jika dilihat dari keempat perspektif secara menyeluruh masuk kategori baik. Kinerja perspektif pelanggan memperoleh skor puas/baik berdasar survey kepuasan siswa. Kinerja pertumbuhan dan pembelajaran menunjukkan kinerja yang sangat baik. Kinerja perspektif keuangan mendapat skor baik yang artinya efisien, efektif, dan ekonomis. Sedangkan kinerja perspektif proses bisnis internal menunjukkan kinerja baik. Dari hasil penelitian ini diharapkan SMA Kr. IPH 2 (1) meningkatkan kinerja perspektif yang masuk kategori baik menjadi sangat baik, (2) guru dan staf perlu meningkatkan mutu layanan kepada siswa secara individual, (3) Kerjasama dengan perguruan tinggi perlu diperbanyak, karena siswa SMA Kr. IPH 99% melanjutkan ke jenjang Pendidikan tinggi.
Kata kunci: pengukuran kinerja, balanced scorecard, perspektif pelanggan, perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, perspektif keuangan, dan perspektif proses bisnis internal.
This study aims to measure school performance in SMA Kr. IPH 2 with Balanced Scorecard approach. This research is quantitative descriptive. This study will measure the performance of SMA Kr. IPH 2 on four aspects, customer perspective, growth and learning perspective, financial perspective, and internal business process perspective. This study requires data to measure school performance. Questionnaires will be applied to obtain primary data to measure the performance of customer factors. And to measure the performance of the growth and learning perspective, the financial perspective, and the internal business process perspective, the researcher will use secondary data from schools.
Overall, from the four perspectives, the performance of SMA Kr. IPH 2 is in the good category. The performance of the customer perspective gets a score of satisfied/good. Growth and learning achievement showed very good score. Performance from a financial perspective is measured as efficient, effective, and economical. Performance from the perspective of internal business processes is good. Suggestions for SMA Kr. IPH 2 based on the results are (1) increasing efforts to excel in the four perspectives, (2) improving the quality of teacher and staff services to individual students, (3) improving network with universities to answer customer needs. Mostly, IPH students continue to higher education levels.
Keywords: performance measurement, balanced scorecard, customer perspective, growth and learning perspective, financial perspective, and internal business process perspective.