Penelitian yang telah dilakukan yaitu mengembangkan media pembelajaran IPA berbasis Ispring Suite 8 dengan model pengembangan four D model untuk meningkatkan literasi sains siswa pada pokok bahasan Bunyi dengan tujuan menghasilkan media pembelajaran IPA. Sasaran penelitian ini adalah media pembelajaran IPA yang diuji cobakan pada 30 siswa kelas 4 SDN Kandangan I/121 Surabaya dengan One Group Pretest-Postest Design. Analisis hasil uji coba menunjukkan layak yang meliputi kategori : (1) valid, sesuai dengan penilaian validator terhadap media pembelajaran yang dikembangkan; (2) praktis, sesuai keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas siswa yang relevan dengan pemebelajaran; (3) praktis, sesuai hasil tes literasi sains siswa yang menunjukkan semua siswa tuntas dengan modus N-gain serta respon baik yang diberikan siswa. Simpulan penelitian ini, yaitu media pembelajaran IPA berbasis ispring suite 8 layak untuk meningkatkan literasi sains siswa sekolah dasar.
The research that has been done in developing science learning media based on Ispring Suite 8 with four D model development model to improve students' scientific literacy in the subject of Sound to producing science learning media. The target of this study is science learning media that tested on 30 grade 4 students at SDN Kandangan I / 121 Surabaya with One Group Pretest-Postest Design. The analysis of the results of the perceives feasible which includes categories: (1) valid, in accordance with the assessment of the validator to the learning media developed; (2) practical, appropriate for the reliability of students ' learning and activities that are relevant to the lesson; (3) effective, in according to the results of students' scientific literacy tests that perceive all students complete with N-gain mode and good responses given by students. This research conclusion, which is a science learning media based on Ispring Suite 8 deserves to improve the science literacy of primary school students.