PENGEMBANGAN DIGITAL FLIPBOOK KVISOFT MAKER DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA TUNARUNGU
THE DEVELOPMENT OF DIGITAL FLIPBOOK KVISOFT MAKER ON READING COMPREHENSION FOR STUDENT WITH HEARING IMPAIRMENT
Pengembangan digital flipbook kvisoft maker ini dilakukan karena siswa SMPLB tunarungu masih belum mampumemahami isi teks secara menyeluruh dan memerlukan penyederhanaan kalimat. Tujuan penelitian ini untukmengembangkan media digital flipbook kvisoft maker dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa tunarungudengan visualisasi bahasa melalui gambar dan video yang dapat memperjelas teks bacaan. Metode pengembanganmodel 4D Thiagarajan hanya diterapkan dalam tiga tahap yaitu define, design, dan develop untuk menghasilkanproduk media digital flipbook dengan menggunakan perangkat lunak kvisoft flipbook maker pro untuk mengubah filepdf menjadi buku dengan halaman bolak-balik seperti sebuah buku. Digital flipbook ini dapat menambahkan gambar,dan video dalam satu buku. Produk divalidasi oleh ahli materi dan media dengan teknik angket. Penilaian validasi ahlimateri memperoleh 85,55% dan penilaian validasi media memperoleh 100% terhadap pengembangan digital flipbookkvisoft maker. Dari hasil validasi ahli materi dapat dikategorikan baik dan hasil validasi ahli media dapat dikategorikansangat baik.
This research and development of digital kvisoft flipbook maker have been doing because the students in secondarygrade have not been able to understand yet with the full body of the text and need a sentence simplification. Thisresearch aims to develop digital flipbook kvisoft maker media on reading comprehension to students with hearingimpairment or deaf by language visualization through pictures and videos which can be clarifying the reading text.4D model development method by Thiagarajan only implemented in three-stages, there are define, design, and developto produce a media digital flipbook product by using kvisoft flipbook maker pro software for converting the file frompdf format into flipbook like a manual book. The digital flipbook can insert pictures and videos in one book. Thisresearch uses the questionnaire which has validated by material and media expert lectures. Material expert validationassessment obtained 85,55% and media expert validation assessment obtained 100% for digital flipbook kvisoft makerdevelopment. From the result of the material expert validation assessment can be categorized as good and the resultof the media expert validation assessment can be categorized as very good