ANALISIS GAYA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN HURUF HIRAGANA PADA SISWA SD LAB SCHOOL UNESA LIDAH WETAN
ANALYSIS OF LEARNING STYLES IN HIRAGANA STUDY OF THE ELEMENTARY STUDENTS IN UNESA LAB SCHOOL LIDAH WETAN
Abstrak
Pembelajaran bahasa Jepang semakin meluas, penyebaran pembelajaran bahasa Jepang telah diprogram di sekolah dasar. Salah satu tema pembelajaran bahasa Jepang yang telah diberikan di tingkat sekolah dasar adalah huruf hiragana. Namun, pembelajaran huruf hiragana kurang efektif karena adanya perbedaan huruf dan perbedaan pemahaman siswa. Oleh karena itu, untuk menciptakan pembelajaran yang efektif, guru harus mengetahui karakteristik dan pemahaman setiap siswa yang dilihat dari gaya belajar siswa. Setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda. Berdasarkan hal tersebut, peneliti ingin mengetahui Gaya Belajar Berbasis Gender dalam pembelajaran Huruf Hiragana pada siswa kelas III SD Lab School UNESA Lidah Wetan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Wawancara Semistruktur (Semistructure Interview) digunakan untuk mengetahui gaya belajar siswa, sedangkan instrumen observasi berupa video digunakan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa di kelas guna melihat gaya belajarnya. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III-A dan III-B dengan data penelitian berupa gaya belajar siswa laki-laki dan perempuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa laki-laki memiliki gaya belajar Kinestetik Visual. Hal ini terlihat dari cara siswa laki-laki yang lebih mudah memahami huruf hiragana melalui permainan kartu hiragana. Sedangkan siswa eprempuan memiliki gaya belajar Visual Writing / Read. Hal ini terlihat dari cara belajar mereka yang lebih mudah memahami huruf hiragana ketika guru mempraktikkan urutan pencoretan huruf hiragana di depan kelas dan mereka juga terbiasa menghafal huruf hiragana dengan cara membaca atau menuliskannya secara berulang-ulang.
Kata kunci: Gaya belajar, Gender, hiragana.
Abstract
Japanese learning is increasingly widespread, the spread of Japanese learning has been programmed in elementary schools. One of the themes of Japanese learning that has been given at the elementary school level is about hiragana. But the learning of hiragana letters is less effective because of differences in letters and differences in student understanding. Therefore, to create effective learning, the teachers have to know the characteristics and understanding of each student that can be seen from their learning styles. Each student has a different learning style. Based on this, researcher wanted to know the Learning Style based on Gender in Hiragana learning in third grade students of SD Lab School UNESA Lidah Wetan.
The type of research used in this research is qualitative descriptive. The techniques were used is interview and observation. Semistructure interviews (Semistructure Interview) is used to find out the learning styles of students, while the observation instrument in the form of videos is used to find out the learning activities of students in the classroom to see their learning styles. Sample in this study are students of class III-A and III-B with research data in the form of learning styles of male and female students.
The results showed that male students had a Visual Kinesthetic learning style. This can be seen from the way they learn easier understand hiragana through hiragana card games. While female students have Visual Writing/Read learning styles. This can be seen from their way of learning which is easier to understand hiragana when the teacher practices the sequence of intersections in front of the class and then they are also accustomed to memorizing hiragana by reading or writing them repeatedly.
Keywords : Learning style, Gender , hiragana.