PENGGUNAAN BAHAN AJAR MULTIMODAL PADA PEMBELAJARAN MENULIS PERSUASI UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
USE OF MULTIMODAL TEACHING MATERIALS IN LEARNING PERSUASION WRITING FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS
Perkembangan teknologi diiringi dengan kemajuan pendidikan yang bertransformasi menjadi pembelajaran berbasis digital. Bahan ajar multimodal berpotensi menjadi fasilitator pembelajaran berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi yang bisa dimanfaatkan oleh seluruh siswa dan pendidik. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana penggunaan bahan ajar multimodal pada pembelajaran menulis persuasi dan bagaimana hasil pembelajaran menulis persuasi menggunakan bahan ajar multimodal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan model pembelajaran langsung. Sumber data berasal dari guru Bahasa Indonesia dan 35 siswa kelas VIII-6 SMPN 3 Candi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, lembar angket, dan lembar tes produk siswa. Observasi melibatkan guru Bahasa Indonesia pada pembelajaran menulis persuasi menggunakan bahan ajar multimodal. Pemberian angket pada siswa berguna untuk mengetahui respon siswa dalam menggunakan bahan ajar multimodal pada pembelajaran menulis persuasi. Tes produk untuk memperoleh data dari 35 poster persuasi siswa kelas VIII dalam menyusun persuasi menggunakan bahan ajar multimodal. Hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan bahan ajar multimodal pada pembelajaran menyusun persuasi “Sangat baik”. Tingkat keberhasilan didukung dengan (1) hasil observasi aktivitas guru pada proses pembelajaran memperoleh 95,31% dengan kriteria “Sangat baik”, (2) hasil respon siswa memperoleh 3,38 dengan kriteria “Memenuhi”. (3) Hasil belajar siswa berupa tes produk memperoleh nilai tertinggi 100 dan terendah 75 berdasarkan segi judul, isi, dan desain.
Kata kunci: Bahan ajar, Multimodal, Pembelajaran menulis persuasi
Technological developments are accompanied by advances in education which is transforming into digital-based learning. Multimodal teaching materials have the potential to become science and technology-based learning facilitators that can be utilized by all students and educators. This research aims to describe how multimodal teaching materials are used in learning to write persuasion and what the results of learning to write persuasion are using multimodal teaching materials. The method used in this research is descriptive qualitative with a direct learning model. The data source comes from Indonesian language teachers and 35 students in class VIII-6 of SMPN 3 Candi. Data collection techniques use observation sheets, questionnaires, and student product test sheets. Observations involving Indonesian language teachers in learning persuasive writing using multimodal teaching materials. Giving questionnaires to students is useful for knowing student responses in using multimodal teaching materials in learning persuasive writing. Product test to obtain data from 35 class VIII students' persuasion posters in preparing persuasion using multimodal teaching materials. The research results prove that the use of multimodal teaching materials in learning creates "Very good" persuasion. The success rate is supported by (1) the results of observations of teacher activities in the learning process which obtained 95.31% with the criteria "Very good", (2) the results of student responses obtained 3.38 with the criteria "Meet". (3) Student learning outcomes in the form of product tests obtained the highest score of 100 and the lowest of 75 based on title, content and design.
Keywords: Teaching materials, Multimodal, Learning to write persuasion