Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKPD bioteknologi konvensional berbasis ecopreneurship untuk melatihkan berpikir kreatif dan inovatif siswa kelas XII SMA melalui metode pembelajaran PjBL yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Development, dan Disseminate). Namun dalam penelitian ini dibatasi sampai pada tahap Development. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi LKPD, lembar pengamatan keterlaksanaan LKPD, lembar angket respon peserta didik, dan lembar tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD bioteknologi konvensional berbasis ecopreneurship untuk melatihkan berpikir kreatif dan inovatif ditinjau dari Validitas dinyatakan valid dengan nilai rata-rata sebesar 3,77 dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan kepraktisan LKPD yang dikembangkan dinyatakan praktis dengan persentase kepraktisan LKPD sebesar 93,46% dan persentase kepraktisan LKPD 2 sebesar 92,25%. Berdasarkan keefektifan LKPD yang dikembangkan dinyatakan efektif. Keefektifan ditinjau dari ketuntasan hasil belajar peserta didik sebesar 100% dengan kriteria sangat baik dan respon peserta didik sebesar 99% dengan kriteria sangat efektif.
The aim of this study is to produce ecopreneurship-based conventional biotechnology LKPD to train creative and innovative thinking of class XII high school students through valid, practical and effective PjBL learning methods. This type of research used in this study uses the 4D development model (Define, Design, Development, and Disseminate). However, this research is limited to the Development stage. The instruments used in this study were the LKPD validation sheet, the LKPD implementation observation sheet, the student questionnaire response sheet, and the test sheet. The results showed that conventional biotechnology LKPD based on ecopreneurship to train creative and innovative thinking in terms of validity was declared valid with an average value of 3.77 with very valid criteria. Based on the practicality of LKPD that was developed, it was declared practical with a percentage of LKPD practicality of 93.46% and the percentage of practicality of LKPD 2 was 92.25%. Based on the effectiveness of the developed LKPD declared effective. The effectiveness in terms of completeness of student learning outcomes by 100% with very good criteria and the response of students by 99% with very effective criteria.