Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Pada Kematangan Karir Remaja Akhir Di Kota Bojonegoro
Factors That Influence the Career Maturity of Late Adolescence in the Bojonegoro City
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh pada kematangan karir remaja akhir di kota Bojonegoro. Ada tiga faktor yang dikaji dalam penelitian ini, faktor tersebut adalah faktor yang berpengaruh pada kematangan karir. ketiga faktor tersebut yaitu faktor perencanaan karir, faktor kepribadian, dan faktor pengambilan keputusan karir. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan rancangan eksploratif. Sampel penelitian sebanyak 89 subyek yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Dan dengan alat ukur kuesioner faktor perencanaan karir, kuesioner faktor kepribadian, kuesioner faktor pengambilan keputusan karir, dan kematangan karir. Dalam penelitian ini keempat alat ukur tersebut dikembangkan secara khusus dan telah diuji coba. Didapatkan hasil rata-rata koefisien alpha cronbach pada keempat alat ukur tersebut sebesar 0,747. Data dianalisis secara statistik dengan menggunakan regresi linear berganda. Hasil analisis membuktikan bahwa Uji F faktor peencanaan karir memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 atau lebih rendah dari nilai 5% (0,05) sehingga dapat dijelaskan secara simultan perencanaan karir, kepribadian, dan pengambilan keputusan karir berpengaruh signifikan terhadap kematangan karir. Sedangkan pada uji t, perencanaan karir memiliki nilai koefisien sebesar 0,037, faktor kepribadian memiliki nilai sebesar 0,000, dan faktor pengambilan keputusan karir memiliki nilai koefisien sebesar 0,036. Hasil ini menjelaskan bahwa secara parsial perencanaan karir, kepribadian, dan pengambilan keputusan karir berpengaruh signifikan terhadap kematangan karir remaja akhir sehingga didapatkan hasil bahwa faktor yang paling berpengaruh adalah faktor kepribadian, disusul oleh faktor pengambilan keputusan karir dan faktor perencanaan karir. Berdasarkan temuan tersebut, untuk meningkatkan kematangan karir remaja akhir khususnya kelas XI, konselor bisa membangun karakter peserta didik agar peserta didik memiliki kepribadian yang baik untuk mendukung kematangan karirnya.
Kata Kunci: kematangan karir, perencanaan karir, kepribadian, pengambilan keputusan karir
This study aims to determine the factors that influence the career maturity of late adolescents in the city of Bojonegoro. There are three factors studied in this study, these factors are factors that influence career maturity. The three factors are career planning factors, personality factors, and career decision making factors. The research was conducted with a quantitative approach with an exploratory design. The research sample was 89 subjects taken by cluster random sampling technique. And the measuring instrument is a career planning factor questionnaire, a personality factor questionnaire, a career decision making factor questionnaire, and career maturity. In this study, the four measuring instruments were specially developed and tested. The average result of Cronbach's alpha on the four measuring instruments is 0.747. The data were analyzed statistically using multiple linear regression. The results of the analysis prove that the F-test of career planning factors has a significance value of 0.000 or lower than the value of 5% (0.05) so that it can be explained simultaneously that career planning, career determination, have a significant effect on career maturity. While on the t test, career planning has a coefficient value of 0.037, the personality factor has a value of 0.000, and the career decision-making factor has a coefficient value of 0.036. These results explain that partially career planning, personality, and career decision making have a significant effect on late adolescent career maturity so that the results show that the most influential factors are personality factors, career decision making factors and career planning factors. Based on these findings, to increase the career maturity of late teens, especially class XI, counselors can build the character of students so that students have good personalities to support self-development.
Keywords: career maturity, career planning, personality, career decision making.