Systematic Review: Analisis Pendekatan Kecerdasan Majemuk pada Pembelajaran Fisika SMA
Systematic Review: Analysis of Multiple Intelligence Approaches on High School Physics Learning
Pendekatan kecerdasan majemuk merupakan salah satu cara untuk mengetahui karakteristik dan dapat mengoptimalkan kemampuan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendekatan kecerdasan majemuk terhadap pembelajaran fisika di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dengan menggunakan metode PRISMA, yang dilakukan secara sistematis dan mengikuti protokol penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode PRISMA untuk memisahkan data ke dalam artikel dari sepuluh tahun terakhir (2012-2021) di Google Scholar dan Crossref. Tahapan yang dilakukan meliputi identifikasi, skrining, dan inklusi. Pada tahap identifikasi, gunakan kata kunci "pendekatan kecerdasan majemuk, fisika, multiple intelligence, physics." Tahap penyaringan pertama menggunakan kriteria "Pendekatan Kecerdasan Majemuk dan Pembelajaran Fisika" sebagai kriteria inklusi dan eksklusi: "tidak menggunakan kecerdasan majemuk dan bukan pembelajaran fisika". Pada tahap penyaringan, yang kedua menggunakan kata kunci "SMA" sebagai kriteria inklusi, dan kriteria pengecualian adalah "bukan SMA." Dari tahap awal, diperoleh 20 artikel, terdiri dari 17 artikel ilmiah, satu prosiding, dan satu tesis. Analisis terhadap 20 artikel penelitian menyimpulkan bahwa pendekatan kecerdasan majemuk dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, keterampilan berpikir kritis, dan kemampuan pemecahan masalah. Model pembelajaran yang efektif digunakan dengan pendekatan kecerdasan majemuk, yaitu model problem based learning (PBL). Penelitian tentang pendekatan kecerdasan majemuk terhadap pembelajaran fisika di tingkat SMA selama sepuluh tahun terakhir masih kecil dan dapat dijadikan dasar penelitian lebih lanjut.
Kataikunci: Pendekatan Kecerdasan Majemuk, Fisika, Hasil Belajar
The multiple intelligences approach is one way to find out the characteristics and optimize students' abilities. This study aims to analyze the multiple intelligences approach to learning physics in high school. This type of research is library research using the PRISMA method, which is carried out systematically and follows the research protocol. The data collection technique used in this study uses the PRISMA method to separate data into articles from the last ten years (2012-2021) on Google Scholar and Crossref. The steps taken include identification, screening, and inclusion. At the identification stage, use the keywords "multiple intelligence approach, physics, multiple intelligence, physics." The first screening stage uses the criteria "Approach to Multiple Intelligences and Physics Learning" as inclusion and exclusion criteria: "does not use multiple intelligences and does not teach physics". In the screening stage, the second used the keyword "SMA" as the inclusion criterion, and the exclusion criterion was "not SMA." From the initial stage, 20 articles were obtained, consisting of 17 scientific articles, one proceeding, and one thesis. An analysis of 20 research articles concluded that the multiple intelligences approach can improve student learning outcomes, critical thinking skills, and problem solving abilities. An effective learning model is used with a multiple intelligences approach, namely the problem based learning (PBL) model. Research on the multiple intelligences approach to physics learning at the high school level over the last ten years has been small and can be used as a basis for further research.
Keywords: Multiple Intelligence, Physics, Student Learning Outcomes