THE EFFECT OF PBL LEARNING MODEL ON CRITICAL THINGKING SKILLS AND PROBLEM SOLVING IN GENERAL ADMINISTRATIVE SUBJECTS GRADE 10 OF OTKP IN SMK NEGERI 10 SURABYAYA
Kajian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (PBL) untuk pemikiran kritis dan kemampuan pemecahan masalah dalam implementasi umum kelas X-OTKP di SMK Negeri 10 Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi Experimental Design Research, dengan desain non-equivalent Control Group Design Research. Sampel penelitian menggunakan kelas X OTKP 1 dan X OTKP 2 dengan Total 36 siswa. Teknik pengumpulan data dalam bentuk wawancara, pengamatan, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar tes (Pretest dan posttests) sebagai indikator kemampuan berpikir kritis, dan lembar keterampilan yang digunakan sebagai indikator kemampuan pemecahan masalah. Analisis data penelitian menggunakan tes sampel independen uji dan mendapatkan Skor. Berdasarkan hasil analisis tes T untuk masalah Pretest dan Posttest diperoleh tcount 3.611 dengan tingkat signifikansi 0.001. Dengan tingkat kepercayaan 95%, nilai α = 0.05 dengan (DF) 70 sehingga diperoleh dengan (1.997). Hasil analisis pemecahan masalah yang diperoleh thitung 3.562 dengan signifikansi 0,000 dengan tingkat kepercayaan 95%, nilai α = 0,05, dengan (DF) dari 70 sehingga diperoleh ini dengan (1.997). Skor gain adalah tcount 2.065 > ttabel 1.997 kemudian dapat disimpulkan H0 ditolak kemudian H1 diterima. Model pembelajaran PBL mempengaruhi kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah dalam administrasi umum kelas X OTKP di SMK Negeri 10 Surabaya.
This study aims to see the influence of problem-based learning model (PBL) for critical thinking and problem solving skills in the general implementation of X-OTKP class in SMK Negeri 10 Surabaya. The type of research used is quasi Experimental Design Research with the design of non-equivalent Control Group Design Research. The research samples use class X OTKP 1 and X OTKP 2 with a Total of 36 students. Data collection techniques in the form of interviews, observations, tests, and documentation. Research instruments used test sheets (pretests and posttests) as indicators of critical thinking ability, and a skill sheet used as an indicator of problem-solving capabilities. Analysis of research data using independent sample test test and gain score.Based on the results of analysis of T tests for problems Pretest and Posttest obtained tcount 3.611 with significance level 0.001. With a confidence level of 95%, the value of α = 0.05, with (df) 70 so that it is obtained with (1.997). The results of the troubleshooting analysis obtained tcount 3.562 with a significance of 0.000 with a 95% confidence rate, value of α = 0.05 with (df) of 70 so obtained this by (1.997). The gain score is tcount 2.065> ttable 1.997 then can be deduced H0 rejected then H1 received. The Inconclusive Learning Model (PBL) affects critical thinking ability and problem solving skills in the general administration of X-OTKP class in SMK Negeri 10 Surabaya.