Hasil belajar siswa menggunakan modul ajar konvensional hanya mendapat rata-rata adalah 80, dan ada beberapa siswa yang masih memiliki nilai dibawah rata-rata, Berdasarkan pengamatan data nilai tersebut, perlu diadakannya bahan ajar yang mendukung dan dapat menarik siswa agar lebih giat dalam belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar siswa menggunakan bahan ajar modul cetak menggunakan model pembelajaran cooperative type STAD (Student Team Achievement Division), (2) mengetahui hasil belajar siswa menggunakan bahan ajar modul Electronic book (E-Book) Interaktif menggunakan model pembelajaran cooperative type STAD (Student Team Achievement Division), (3) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara menggunakan bahan ajar modul cetak dan bahan ajar modul Electronic book (E-Book) Interaktif menggunakan model pembelajaran cooperative type STAD (Student Team Achievement Division).
Metode yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas X program keahlian teknik konstruksi dan property. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 65 peserta didik menggunakan teknik sampling purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes penguasaan konsep berupa pretest dan posttest, dan lembar angket validasi. Dengan teknik pengambilan data dengan cara (1) Tes, yang dilakukan pada awal pembelajaran (Pre-test) dan akhir pembelajaran (post-test), (2)Angket, angket digunakan mencari data pada lembar validasi, (3)Observasi, sebagai pengecekan bahwa semua kegiatan pembelajaran sudah terlaksana sesuai dengan rencana.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat dilihat (1) hipotesis 1 menggunakan chi kuadrat dengan Chi2h = 46,08 > Chi2t =7,8, artinya Hasil belajar menggunakan Modul cetak diatas 81, (2) hipotesis 2 menggunakan chi kuadrat dengan Chi2h = 16,63 > Chi2t =9,48, artinya Hasil belajar menggunakan E-Book Interaktifk diatas 81, (3) hipotesis 3 menggunakan uji mann-whitney dengan pvalue = 0,0467 < dari taraf signifikansi (5%), artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Adanya perbedaan hasil belajar siswa menggunakan modul cetak dan E-Book.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Electronic Book (E-Book) Interaktif, Modul Cetak, Model Pembelajaran Cooperative type STAD.