Qomaruddin Bungah Gresik Islamic Boarding School Profile Video Design
Pondok Pesantren Qomaruddin terletak di Sampurnan Bungah Gresik Jawa Timur. Berdiri sejak tahun 1775 terhitung sudah 247 tahun pondok tersebut berdiri. Alumni dengan metode konvensional dari mulut ke mulut merupakan media promosi utama yang dimiliki. Walau Pondok Pesantren Qomaruddin sudah lama didirikan, namun Pondok Pesantren Qomaruddin tidak bisa hanya menggunakan alumni sebagai strategi promosi untuk menarik santri baru mengingat pada tahun 2022 ini media informasi sangat bervariasi dan dinamis. Perlu upaya promosi yang adaptif dengan perkembangan teknologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang video profil Pondok Pesantren Qomaruddin sebagai media promosi dan informasi kepada santri baru dan alumni. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan data langsung dan tidak langsung yang dikumpulkan dengan cara wawancara, observasi, dan studi literatur kemudian dilakukan analisis S.W.O.T. dengan proses perancangan preproduction, production, dan postproduction. Hasil yang diperoleh adalah video profil yang bisa memuat informasi terbaru terkait Pondok Pesantren Qomaruddin dengan menggunakan teknik sinematografi. Hasil dari penelitian ini adalah video profil Pondok Pesantren Qomaruddin yang bisa menggambarkan program dan fasilitas pesantren saat ini dan mampu menyampaikan dengan bahasa visual yang komunikatif sebagai media informasi yang adaptif dengan perkembangan zaman,
The Qomaruddin Islamic Boarding School is located in Sampurnan Bungah Gresik, East Java. Founded in 1775, it has been 247 years since the cottage was established. Alumni with the conventional method of word of mouth are the main promotional media they have. Although the Qomaruddin Islamic Boarding School has long been established, the Qomaruddin Islamic Boarding School cannot only use alumni as a promotional strategy to attract new students considering that in 2022 the information media is very varied and dynamic. Promotional efforts are needed that are adaptive to technological developments. The purpose of this study was to design a video profile of the Qomaruddin Islamic Boarding School as a media for promotion and information to new students and alumni. This study uses a qualitative method with direct and indirect data collected by means of interviews, observations, and literature studies and then a S.W.O.T analysis is carried out. with the design process of preproduction, production, and postproduction. The results obtained are profile videos that can contain the latest information regarding the Qomaruddin Islamic Boarding School using cinematographic techniques. The result of this study is a video profile of the Qomaruddin Islamic Boarding School which can describe the current pesantren programs and facilities and is able to convey a communicative visual language as a medium of information that is adaptive to the times.