Pengembangan Game Ular Tangga Aritmatika Berbasis Web
Development of Web-Based Arithmetic Snakes and Ladders Game
Permainan telah meluas seiring perkembangan teknologi dan digitalisasi, baik dalam bentuk aplikasi berbasis seluler maupun berbasis web. Selain bertujuan sebagai hiburan, permainan juga dapat dikembangkan dengan tujuan edukasi, salah satunya matematika. Permainan ular tangga sebagai salah satu permainan papan klasik dapat dikembangkan menjadi sebuah aplikasi permainan yang dipadukan dengan aritmatika dasar. Sehingga dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan sebuah permainan berbentuk aplikasi web yang dipadukan dengan aritmatika dasar yang dapat dimainkan melalui perangkat pribadi, baik di desktop maupun seluler. Untuk mengembangkan permainan tersebut, dapat dilakukan dengan metode Game Development Life Cycle (GDLC) dengan harapan mampu menghadirkan kualitas permainan yang menyenangkan, fungsional, seimbang, dan mudah diakses. Proses pengembangan ini terdiri dari identifikasi konsep dan kebutuhan, desain permainan, implementasi pengembangan aplikasi web, uji internal, dan evaluasi pengalaman pengguna. Pengalaman bermain pengguna dapat diketahui berdasarkan skor kepuasan pengguna menggunakan Game User Experience Satisfaction Scale (GUESS). Penggunaan GUESS dapat mengukur kepuasan dari suatu permainan berdasarkan aspek usability, narratives, play engrossment, enjoyment, creative freedom, audio aesthetics, personal gratification, social connectivity, dan visual aesthetics. Penelitian ini menghasilkan aplikasi permainan Ular Tangga Aritmatika berbasis web yang dapat dimainkan melalui peramban pada perangkat pengguna dan skor kepuasan terhadap permainan Ular Tangga Aritmatika ini. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dikembangkan lagi untuk penelitian selanjutnya.
Games has expanded as technology has developed, both in mobile or web-based applications. Apart from being intended as entertainment, games can also be developed for educational purposes, one of which is for mathematics. One of the board games, namely snakes and ladders, can be developed into a game application combined with basic arithmetic. Therefore, the research was carried out to develop a game as a web application combined with basic arithmetic that can be played via personal devices, both desktop and mobile. To develop the game, it can be done using the Game Development Life Cycle (GDLC) method with the hope that this game will provide quality games that are fun, functional, balanced and easy to access. This development process consists of identifying concepts and requirements, game design, implementation of web application development, internal testing, and user experience evaluation. The user's gaming experience can be determined based on the user satisfaction score using the Game User Experience Satisfaction Scale (GUESS). GUESS can measure the satisfaction score of a game based on the aspects of usability, narratives, play engrossment, enjoyment, creative freedom, audio aesthetics, personal gratification, social connectivity, and visual aesthetics. The results of this research are a web-based Arithmetic Snakes and Ladders game application that can be played via browser on the user's device, and a satisfaction score of the game. It is hoped that the results of this research can be further developed for further research.