Literature Review: Studi tentang Pengembangan Modul pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan
Literature Review: Study On Module Development In Building Construction Basic Lessons
Terdapat beberapa penelitian terdahulu yang telah melakukan pengembangan modul dasar-dasar konstruksi bangunan, dalam pengembangannya capaian keterampilan dasar peserta didik yang masih kurang dan peserta didik cenderung pasif dalam kegiantan belajar mengajar menjadi landasan dalam pengembangannya, sehingga mengetahui perbedaan hasil validasi kelayakan modul serta perbedaan hasil belajar peserta didik setelah menerapkan modul yang dikembangkan pada penelitian terdahulu menjadi tujuan dari penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian literature review. Data dianalisis dengan cara membaca hasil penelitian jurnal terdahulu, selanjutnya melakukan rekapitulasi hasil penelitian berupa persentase kelayakan modul serta rata-rata hasil belajar peserta didik setelah mengimplementasikan modul yang pernah dikembangkan. Analisis ini memiliki hasil bahwa, validasi kelayakan materi, bahasa, dan grafis pada modul terdahulu yang dilakukan oleh para ahli mendapatkan predikat diatas kategori Layak. Penelitian dengan persentase kelayakan modul tertinggi memiliki persentase sebesar 89,6%. Untuk hasil belajarnya memiliki rata-rata diatas KKM yaitu sebesar 75, untuk rata-rata hasil belajar tertinggi adalah 83. Dengan demikian modul yang telah dikembangkan pada penelitian terdahulu merupakan modul yang terbukti Layak, sehingga dapat digunakan sebagai acuan pengembangan modul selanjutnya.
Several previous studies had developed a module on the basics of building construction, in development of module the low achievement of students' basic skills and students tend to be passive in teaching and learning activities became the basis for developing the module, so that knowing the differences in the results of the validation of the feasibility of the module and the differences in student learning outcomes after applying the modules developed in previous studies are the objectives of this study. This study uses a literature review research method. The data were analyzed by reading the results of previous research journals, then recapitulating the results of the research in the form of the percentage of module eligibility and the average student learning outcomes after implementing the modules that had been developed. This analysis has the result that the validation of the feasibility of the material, language and graphics in the previous module carried out by experts gets the predicate above the Eligible category. Research with the highest percentage of module eligibility has a percentage of 89.6%. For learning outcomes, the average learning outcomes are above the standards, which is 75, for the highest average learning outcomes is 83. Thus, the modules that have been developed in previous studies are modules that are proven to be feasible, so they can be used as a reference for the development of further modules.